Selamat Tinggal Bansos Tunai, Ini 4 Faktanya

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 02 Mei 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 320 2403975 selamat-tinggal-bansos-tunai-ini-4-faktanya-D3GXpgVeui.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Sosial memastikan tak akan memperpanjang lagi program Bansos Tunai atau BST pada bulan depan. Pencairan BST sebesar Rp300.000 tersebut berakhir pada April 2021.

Okezone telah merangkum fakta bansos tunai yang berakhir April 2021, Minggu (2/5/2021):

Baca Juga: 21,1 Juta Penerima Bansos Dicoret, Ini 8 Faktanya

1. Tidak Ada Anggaran

Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan bahwa Bantuan Sosial tunai tidak akan ada perpanjangan, sehingga bantuan ini akan disalurkan sampai akhir April 2021. Salah satu alasannya adalah tidak adanya anggaran.

"Enggak ada anggarannya untuk itu," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca Juga: Bansos Tunai Rp300 Ribu Tak Diperpanjang, Masyarakat: Kami Masih Butuh

2. Telah Bergerak ke Skala Mikro

Dia menjelaskan, salah satu alasan tak akan memperpanjang BST adalah karena situasi pandemi Covid-19 di Indonesia telah bergerak ke skala mikro.

Sehingga menurut dia, masyarakat seharusnya kini telah dapat beraktivitas kembali, dengan harapan situasi pergerakan perekonomian di Indonesia sudah mulai normal.

3. Dapat Diakses Melalui Aplikasi

Dia mengatakan data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web di https://cekbansos.kemensos.go.id.

"Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya," kata dia.

4. Aplikasi Bisa Memenuhi Informasi Publik

Dia berharap aplikasi yang diterbitkan ini bisa memenuhi hak informasi publik. Aplikasi rencananya terus dikembangkan sehingga bisa diakses di mana dan kapan saja. Saat ini untuk mengetahui alur distribusi, hanya bisa diakses melalui website.

"Fitur dan kemampuan aplikasi cekbansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan dan masukan serta harapan masyarakat," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini