Ingin Meniru Desain Rumah ala Jepang? Yuk Intip di Sini

Selasa 04 Mei 2021 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 470 2404651 ingin-meniru-desain-rumah-ala-jepang-yuk-intip-di-sini-EAtQ3CZ5ga.jpg Rumah ala Jepang (Foto: Freepik)

JAKARTA - Ingin memiliki rumah yang bisa menyegarkan pikiran setelah beraktivitas? Jangan khawatir. Kamu masih bisa mengubah desain rumahmu menjadi rumah ala Jepang. Membuat desain rumah bukanlah hal yang gampang. Kamu perlu mengetahui konsep desain secara dalam supaya bisa menciptakan hunian yang nyaman buat kamu dan keluarga.

Rumah Jepang sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Rumah yang memiliki gaya desain interior yang khas, berkarakter dan serba minimalis ini cocok untuk kamu yang suka dengan desain rumah yang sederhana, bersifat privat dan konsisten.

Desain interior pada rumah Jepang memiliki nilai ketertiban, tradisi, dan keseimbangan yang menyatu dengan alam. Rumah ini memanfaatkan berbagai level lantai, sudut, dan kontras antara ruang terbuka dan sudut yang nyaman. Desain ini sangat berkaitan dengan pencahayaan alami yang memperkuat unsur alam di dalamnya.

Baca Juga: Bangun Rumah dengan Konsep Tradisional Jepang, Pakai Aksen Kayu Biar Sejuk 

Mengadaptasi Elemen Kayu dan Batu

Untuk tampilan depan rumah Jepang, ada pintu gerbang dengan desain yang membawa unsur garis vertikal atau horizontal pada sebagian besar pintu gerbangnya. Berikut ini, ada beberapa detail rumah Jepang yang perlu diperhatikan, seperti dikutip Solopos, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

1. Warna Cat Rumah Jepang

Identik dengan sesuatu yang terang. Warna putih merupakan dasar pilihan warna yang sering dipakai. Warna putih melambangkan ketenangan dalam rumah Jepang. Palet warna yang digunakan mengadaptasi elemen kayu dan batu. Adanya sentuhan warna cokelat serta paduan warna abu-abu, hitam, putih, serta sedikit merah, mampu menampilkan visualisasi yang sangat manis dan minimalis.

 

2. Furnitur Rumah Jepang

Furnitur yang digunakan dalam rumah Jepang yakni yang berukuran kecil. Memasang furnitur ukuran kecil yakni untuk membuat ruangan lebih leluasa. Rumah Jepang juga sangat memperhatikan sirkulasi ruangan. Selain itu, di rumah Jepang ada konsep lesehan untuk ruang duduk.

Biasanya ada sejenis alas yang disebut tatami dan beberapa bantal adalah perabot dan aksesori khas yang sering digunakan. Ada juga meja besar rendah untuk berkumpul. Interior ruang tamu di rumah Jepang sangat nyaman untuk bercengkrama bersama keluarga.

Dekat Dengan Unsur Alam

 

3. Pencahayaan dan Dekorasi

Rumah Jepang berfokus pada tipe pencahayaan terkonsentrasi atau task lighting. Jenis pencahayaan ini berfungsi sebagai general lighting. Adanya lampu dekoratif seperti lampion pada rumah ini juga mempertegas nuansa khas Jepang.

Rumah Jepang memiliki panel dinding sebagai pembatas antar ruang. Material panel dinding berupa kombinasi kayu vertikal-horisontal tanpa ornamen sehingga membuat ruangan terasa unik dan tidak berlebihan.

4. Unsur Alam

Nilai utama dari desain rumah Jepang yakni berupa kedekatan dan keterikatan dengan unsur alam. Elemen penting yang ada di rumah Jepang yakni adanya air. Hal ini dibuktikan dengan adanya kolam ikan di area taman indoor dan adanya bentuk dekorasi tanaman.

Jenis tanaman yang dipajang adalah jenis bonsai yang dapat kamu rawat secara mudah. Selain itu, tanaman bonsai memiliki prinsip kesederhanaan, alami dan hijau.

5. Jendela dan Ruang Terbuka

Rumah Jepang memiliki ukuran jendela besar dan adanya ruang terbuka. Selain itu, pintu geser berukuran besar menjadi ciri khas. Rumah Jepang memiliki prinsip hunian yang minimalis.

Bukan tanpa alasan, konsep ini memiliki tujuan untuk mendapat pencahayaan alami dan udara yang segar secara maksimal. Hal ini bisa diusahakan dengan memasang jendela besar bukaan langit-langit seperti skylight. Jika kamu ingin menerapkan hunianmu ala Jepang, sebaiknya jangan memberi gorden pada jendelamu karena dapat menghalangi jalan masuk cahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini