Share

Daftar Ritel yang Gulung Tikar karena Covid-19, dari Gramedia hingga Giant

Fariza Rizky Ananda, Okezone · Sabtu 29 Mei 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 320 2417121 daftar-ritel-yang-gulung-tikar-karena-covid-19-dari-gramedia-hingga-giant-wYooE1f6oz.jpg Giant Ditutup (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dampak dari pandemi Covid-19 bukan hanya menyerang aspek kesehatan, pandemi ini juga mengakibatkan terjadinya perubahan gaya hidup, cara bersosialisasi, hingga mengganggu jalannya perekonomian di Indonesia.

Hal ini pun berdampak pada beberapa perusahaan ritel besar di Indonesia. Bahkan mereka telah mengumumkan alami kerugian hingga sampaikan tak lagi bisa bertahan. Salah satunya yang terbaru adalah PT Hero Supermarket Tbk (HERO)

Baca Juga: 7.000 Pekerja Giant Terancam PHK, Menaker Minta Pegawai Dipindahkan ke Hero dan IKEA 

Sebagai informasi, PT Hero Supermarket Tbk memutuskan untuk menutup seluruh gerai Giant di Indonesia di akhir Juli 2021. Perusahaan akan fokus mengembangkan merek dagang IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket, karena dinilai memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.

Ternyata tidak hanya Giant. Beberapa ritel modern lain juga terguncang dan sempat mengalami penutupan di masa pandemi ini.

Baca Juga: Pailit, Begini Penampakan Gerai Centro yang Tutup di Depok 

Menurut rangkuman Tim Litbang MNC Portal Indonesia, Sabtu (29/5/2021), beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gramedia

Manajemen PT Gramedia Asri Media, pemilik toko buku Gramedia memutuskan tak memperpanjang masa sewa di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat pada Oktober 2020.

2. Golden Truly

 

Pusat perbelanjaan Golden Truly menutup operasionalnya pada 1 Desember 2020. Manajemen mengubah model bisnisnya menjadi serba daring (online).

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

3. Centro

 

Centro Departemen Store yang merupakan gerai ritel fashion ini melakukan penutupan yang dimulai di Plaza Ambarukmo Yogyakarta. Hal ini terjadi pada Maret 2021.

4. Matahari

Pada April 2021, manajemen perusahaan peretail PT Matahari Department Store Tbk berencana menutup 13 gerai pada tahun ini.

 

5. Giant

Penutupan ritel terbaru dan masih menyita perhatian masyarakat saat ini yaitu supermarket Giant. Perusahaan retail PT Hero Supermarket Tbk. memutuskan untuk menutup seluruh gerai Giant per akhir Juli 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini