Kacau! Banyak Keluarga Kades hingga Lurah Terima Bansos

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 320 2425574 kacau-banyak-keluarga-kades-hingga-lurah-terima-bansos-LRJa6fNrGN.jpg Banyak Keluarga Kades dan Lurah Terima PKH. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini menerima banyak pengaduan soal penyaluran bantuan sosial yang tidak tepat sasaran. Banyak keluarga kepala desa, hingga lurah yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH).

"UU data (penerima manfaat) itu ada di Pemda, kemudian Pemda meminta ke desa atau kelurahan. Kami banyak dikomplain karena itu keluarganya kepala desa, lurah dan sebagainya," kata Risma dalam video virtual, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Bansos Tunai Rp600.000 dan BLT Rp300.000 Cair Bulan Ini!

Lanjutnya, dilakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Saat ini progresnya sudah mencapai 90%. data penerima bansos akan mudah terdeteksi, lebih transparan dan mudah dipantau oleh siapa saja.

"Kami udahh perbaikan struktur organisasi, karena ada perbahan total, dari fungsi balai tersebut.nanti ke depan usulan itu akan kami buka mulai dari desa, kelurahan, RT, RW itu akan bisa dipantau oleh siapa saja," katanya.

Baca Juga: Bocoran soal BLT UMKM Tahap 3, Cek di eform.bri.co.id/bpum

Dia menambahkan penerimaan bansos bisa dipercepat, jika ada penerima yang mendapatkan bansos meninggal. Namun, Kemensod akan mengecek kembali apakah bansos tersebut tepat sasaran

"Peneriman bantuan bisa percepatan dalam menerima bantuan , karena ada yang meninggal pindah kemudian ada yang datang," tandasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini