Risma Cairkan 3 Bansos Selama PPKM Darurat, Cek Daftarnya

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 320 2437815 risma-cairkan-3-bansos-selama-ppkm-darurat-cek-daftarnya-quz8SDMRIT.jpg Bansos Tunai Cair Minggu Ini. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan memperpanjang penyaluran bantuan sosial (Bansos) tunai, guna membantu masyarakat di tengah penerapan PPKM Darurat. Hanya saja, penyaluran bansos kali ini mendapat pengawasan lebih oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Pembaharuan data dilakukan karena adanya perubahan sosial di dalam masyarakat, seperti perpindahan alamat, meninggal dunia, dan perubahan tingkat kesejahteraan.

Baca Juga: Asyik, Dana Hibah Pariwisata Cair Minggu Ini

Mensos Risma memastikan untuk perkuat validitas dan akurasi yang kuat, agar dana bansos untuk masyarakat tidak menjadi salah sasaran.

"Dengan (dukungan perangkat) elektronik ke depannya bisa lebih cepat lagi. Tinggal diklik saja,” ujar Risma, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga: Cair, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id untuk Bansos Tunai Rp600.000

Selain mempermudah validasi data penerima bansos, menurut Risma bantuan perangkat digital dapat digunakan sebagai pengawasan penggunaan bantuan. Dilakukannya pengawasan secara digital tersebut, Risma siap mendukung pemerintah dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini.

Ada tiga jenis bantuan yang dapat diterima masyarakat selama pemberlakuan PPKM darurat ini. Yaitu Program Keluarga Harapa (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Selain itu, baru-baru ini kemensos juga menyalurkan bantuan berupa beras seberat 10 Kg kepada penerima bantuan BST dan PKH yang disalurkan melalui perum bulog.

Maka, menjadi penting sebuah pengawasan agar penerima bantuan merupakan seseorang yang membutuhkan. Agar dapat memperkuat kembali daya beli masyarakat

"Dengan bantuan elektronik bisa memonitor peta dan perilaku seseorang. Makanya, upaya pengawasan pun dilakukan secara elektronik,” katanya," tutur Risma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini