Kasus Covid-19 Kian Melonjak, Ekonom: PPKM Darurat Harus Diperpanjang

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 320 2438204 kasus-covid-19-kian-melonjak-ekonom-ppkm-darurat-harus-diperpanjang-hpaMC42Xt6.jfif Virus Corona (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA – Kasus positif harian Covid-19 di Indonesia kian melonjak. Adapun pada Kamis (8/7) kemarin, penambahan kasus harian di Indonesia mencapai 38.391 kasus. Penambahan tersebut, menyebabkan total keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia saat ini menjadi 2.417.788 kasus.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menuturkan, dengan adanya kondisi tersebut diperkirakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang saat ini sedang berjalan harus diperpanjang.

Baca Juga: Pengendara Nekat Jebol Penyekat PPKM Darurat di Pasar Rebo

“Kalau jumlah kasus harian belum juga menurun, saya kira PPKM Darurat harus diperpanjang. Tapi saya yakin jumlah kasus harian ini akan segera menurun,” tuturnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Jumat (9/7/2021).

Menurutnya, adanya PPKM Darurat secara ketat akan menghentikan laju penyebaran Covid-19. Sehingga, jumlah kasus positif akan menurun.

Baca Juga: Panglima TNI: PPKM Strategi Tepat Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19

“Pelaksanaan PPKM Darurat secara ketat akan menghentikan penularan. Sehingga, jumlah kasus akan segera turun,” ujar Piter.

Namun, Piter menjelaskan, apabila PPKM Darurat tidak diperpanjang, tentu dampak yang diberikan terhadap perekonomian bisa diminimalkan.

“Apabila PPKM Darurat tidak diperpanjang, maka dampaknya ke ekonomi akan bisa diminimalkan. PPKM Darurat tidak berlanjut dan aktivitas ekonomi bisa berjalan normal kembali,” jelas dia.

Sementara itu, dia mengatakan, apabila hal tersebut terjadi, momentum pemulihan ekonomi bisa didapatkan kembali. Sehingga, diprediksi pertumbuhan ekonomi pada triwulan III masih tumbuh positif.

“Momentum pemulihan ekonomi bisa kita dapatkan kembali. Apabila itu terjadi, dampak PPKM darurat akan bersifat terbatas. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan III diyakini masih bisa positif,” kata Piter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini