Siap-Siap, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Agustus

Michelle Natalia, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 320 2445693 siap-siap-subsidi-gaji-rp1-juta-cair-agustus-GwJdc4iPLg.jpeg BLT Subsidi Gaji cair Agustus (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - BLT subsidi gaji Rp1 juta dijadwalkan akan cair pada Agustus 2021. Salah satu syarat penerima BLT subsidi gaji adalah pekerja gaji di bawah Rp3,5 juta.

Direktur Jendral Anggaran Isa Rachamatarwata mengatakan anggaran subsidi gaji ini sudah disiapkan oleh Kementerian Keuanganya. Untuk pencairannya dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Fakta di Balik BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk Rekening

"Kalau pencairannya itu di Kementerian Ketenagakerjaan," kata Isa saat dihubungi, Minggu (25/7/2021).

Sebelumnya, Sekertaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya terus mempersiapkan penyaluran bantuan ini. Jika data sudah lengkap maka akan bisa cair di bulan Agustus.

Baca Juga: Cair Agustus! Ini Kriteria Penerima BLT Subsidi Gaji, Rp1 Juta Masuk Rekening

"Mudah-mudahan subsidi gaji cair di Agustus 2021. Kita terus siapkan dari sisi aturannya, data dan juga hal teknis lainnya," tandasnya.

Sebagai informasi, subsidi gaji akan diberikan oleh Warga Negara Indonesia (WNI). Pekerja/buruh penerima upah, lalu pekerja/buruh calon penerima BSU berada di Zona PPKM IV sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No.20 Tahun 2021 jo Nomor 23 Tahun 2021.

Lalu, terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan. Pekerja/buruh dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Sementara itu, pekerja yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp3,5 juta, sesuai upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan

Pekerja/buruh pada sektor yang terdampak PPKM antara lain industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa (kecuali jasa Pendidikan dan Kesehatan), transportasi, aneka industri, properti dan real estate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini