Jokowi Sebut Kepercayaan Investor Buka Lapangan Kerja Solusi Atasi Pengangguran

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 320 2452932 jokowi-sebut-kepercayaan-investor-buka-lapangan-kerja-solusi-atasi-pengangguran-ypJvbo7O6t.jpg Jokowi Resmikan OSS Berbasis Risiko (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pandemi tidak akan menghentikan upaya untuk melakukan reformasi struktural. Berbagai agenda reformasi struktural terus akan dilanjutkan.

“Aturan yang menghambat kemudahan berusaha akan terus kita pangkas. Prosedur berusaha dan investasi juga akan terus kita permudah,” kata Jokowi saat peluncuran OSS, Senin (9/8/2021).

 

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Peluncuran OSS Berbasis Risiko

 

Jokowi menjelaskan, reformasi struktural harus dilakukan agar iklim usaha di Indonesia berubah makin kondusif. Dalam hal ini memudahkan usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah untuk memulai usaha.

“Meningkatkan kepercayaan investor untuk membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Sehingga menjadi solusi atas persoalan pengangguran yang bertambah akibat dampak pandemi,” katanya.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia pada tahun 2020 masuk peringkat ke-73 dari 190 negara dalam kemudahan berusaha atau ease of doing business. Dimana Indonesia a sudah masuk kategori mudah.

“Tapi kategori itu belum cukup. Kita harus mampu meningkatkan lagi. Tingkatkan lagi dari mudah menjadi sangat mudah. Itu target kita. Kuncinya ada di reformasi perizinan. Perizinan berusaha yang terintegrasi, yang cepat dan yang sederhana menjadi instrumen yang menentukan daya saing kita untuk menarik investasi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini