Jokowi: Peningkatan Kelas Pengusaha UMKM Jadi Agenda Utama

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 320 2456188 jokowi-peningkatan-kelas-pengusaha-umkm-jadi-agenda-utama-i07tZ5GNO2.jpg Presiden Jokowi menyebut peningkatan kelas UMKM jadi agenda utama (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan perkembangan investasi di Indonesia menjadi bagian terintegrasi dengan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan. Pada periode Januari sampai Juni 2021, Realisasi Investasi Indonesia, tidak termasuk sektor hulu migas dan jasa keuangan, sedikitnya Rp442,8 triliun. Investasi ini menyerap lebih dari 620 ribu tenaga kerja Indonesia.

"Peningkatan kelas pengusaha UMKM menjadi agenda utama," kata Jokowi dalam sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI di Gedung MPR, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Kepala Bappenas: Ekonomi Hijau Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Untuk mencapai tujuan tersebut, Jokowi mengatakan berbagai kemudahan disiapkan untuk menumbuhkan UMKM, termasuk kemitraan strategis dengan perusahaan besar, agar cepat masuk dalam rantai pasok global. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM, serta meningkatkan pemerataan dan kemandirian ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Wapres: Tingginya Angka Pengangguran karena Tak Siap Beradaptasi Terhadap Perubahan

"Ekosistem investasi dan kolaborasi di dunia usaha ini juga dimaksudkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi, khususnya ke arah Ekonomi Hijau dan Ekonomi Biru yang berkelanjutan," ucapnya.

Di sisi lain, perkembangan sektor pangan terus kita upayakan untuk membangun kemandirian pangan. Transformasi menuju energi baru dan terbarukan, serta akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau, akan menjadi perubahan penting dalam perekonomian Indonesia.

Konsolidasi kekuatan riset nasional terus diupayakan, agar sejalan dengan agenda pembangunan nasional. Sinergi dunia pendidikan dengan industri dan pengembangan kewirausahaan terus dipercepat melalui Program Merdeka Belajar.

"Hal ini diharapkan mengakselerasi kualitas SDM nasional, dan sekaligus meningkatkan daya saing industri dan produk dalam negeri," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini