Erick Thohir Tak Mau Ada Oknum BUMN Sering Korupsi karena Proyek

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 320 2472379 erick-thohir-tak-mau-ada-oknum-bumn-sering-korupsi-karena-proyek-KCALBL5VIZ.jpg Erick Thohir soal Korupsi di BUMN (Foto: Dok BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir tidak ingin lagi mendengar ada pejabat di BUMN yang terlibat kasus korupsi dalam project based yang dilaksanakan BUMN tersebut.

"Saya tidak mau ada oknum BUMN yang mana sering terjadi tindak korupsi karena project base bukan bisnis proses yang baik," ujar Erick, Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Erick pernah membeberkan ada 159 kasus tindak pidana korupsi yang terjadi di Kementerian BUMN. Kasus hukum tersebut dengan melibatkan kurang lebih 53 pejabat di BUMN.

Kasus pidana terjadi sebelum Erick ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menahkodai Kementerian BUMN. Pernyataan ini dia sampaikan saat melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) ihwal upaya upaya pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada awal 2021.

Aksi korporasi dengan melakukan transformasi bisnis BUMN, Mantan Bos Inter Milan itu menyebut, aspek akuntabilitas dan transparansi menjadi faktor fundamental yang tetap dijaga. Karenanya, merasa perlu untuk menggandeng KPK dalam menjaga hal tersebut.

Di sisi lain, pemegang saham juga meminta kepada perusahaan swasta yang menjalin kerja sama dengan BUMN harus punya win-win solusi. Hal itu sejalan dengan bisnis korporasi berbasis digital yang menjadi tuntutan saat ini.

"Saya juga meminta kepada swasta yang berpartner kepada BUMN jangan ngakalin harus win-win, apalagi sekarang di era yang sangat transparan digitalisasi. Covid memaksa digitalisasi terjadi artinya transparansi dan pasar terbuka," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini