Resmikan Bandara Mopah Merauke, Presiden Jokowi: Melahirkan Sentra Ekonomi Baru

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Minggu 03 Oktober 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 320 2480563 resmikan-bandara-mopah-merauke-presiden-jokowi-melahirkan-sentra-ekonomi-baru-ZW7lc7jbJE.png Jokowi Resmikan Bandara Mopah (Foto: Kemenhub)

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah di Kabupaten Merauke, Papua pada hari ini.

Jokowi berpesan kepada Gubernur Papua dan Bupati Merauke agar dapat memanfaatkan bandara ini dengan sebaik-baiknya karena menurutnya bandara baru ininakan mendorong lahirnya sentra ekonomi baru.

“Bandara ini dapat mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya, serta meningkatkan daya saing daerah dalam ekspor dan investasi. Sehingga betul-betul bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merauke dan masyarakat Papua,” kata Presiden Widodo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (3/10/2021).

Presiden Jokowi mengatakan akan terus meningkatkan kapasitas bandara yang berada di ujung timur Indonesia ini, untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang, mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat.

“Terminal baru ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang. Kita harapkan makin tertata, bersih, dan nyaman agar penumpang terlayani dengan baik di bandara ini,”ungkapnya.

Lebih lanjut Presiden menjelaskan pentingnya bangsa Indonesia membangun infrastruktur, khususnya transportasi. Menurut Presiden, sebagai negara besar dan rentang wilayah yang luas, Indonesia membutuhkan konektivitas agar bisa saling terhubung.

“Konektivitas yang bisa mempersatukan kita sebagai satu bangsa, memudahkan mobilitas orang, barang dan jasa. Sehingga ekonomi kita semakin efisien dan meningkatkan daya saing negara dalam persaingan global,” ujarnya.

Dalam 7 tahun terakhir, Presiden Jokowi mengaku pemerintah terus membangun dan mengembangkan sejumlah infrastruktur baik bandara, pelabuhan, dan jalan, untuk memperlancar konektivitas dan program-program pemerintah seperti misalnya Tol Laut.

Sebagai informasi, Bandara Mopah Merauke merupakan salah satu bandara yang disiapkan untuk mendukung kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVI di Papua.

“Pengembangan terminal penumpang Bandara Mopah dilakukan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara menggunakan alokasi anggaran APBN sekitar Rp141 miliar, dan merupakan pengembangan tahap pertama yang telah diselesaikan dari rencana total 3 tahap pengembangan,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini