Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Harga Tanah di Jakarta Turun?

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 470 2488745 ibu-kota-pindah-ke-kaltim-harga-tanah-di-jakarta-turun-8SRfPETlv6.jpg Ibu Kota Pindah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur dinilai tidak akan menurunkan minat investor terhadap pasar properti di kawasan Jabodetabek yang tetap menjadi kawasan pusat bisnis.

Hal ini disampaikan Head of Research JLL, Yunus Karim dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

"Untuk optimisme pasar properti di kawasan Jabodetabek jika dikaitkan pemindahan ibukota negara, dari rencana yang kita dengar memang awalnya difokuskan untuk sektor pemerintahan terlebih dahulu sehingga kita melihat Jabodetabek saat ini masih menjadi target utama investor yang ingin melakukan investasi," katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa pada semester I-2024 pemindahan IKN akan diprioritaskan bagi sektor pemerintahan terlebih dahulu.

"Dengan demikian sampai nanti waktunya tiba baru kita akan melihat bagaimana pemindahan IKN tersebut berpengaruh terhadap harga properti dan tanah baik di Jakarta maupun Kalimantan Timur," kata Yunus.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menyampaikan, IKN baru di Kalimantan Timur tidak sekadar menjadi kantor pemerintahan saja, melainkan juga akan menjadi motor dan katalis kemajuan Indonesia ke depan.


Baca Selengkapnya: Ibu Kota Pindah, Bagaimana Nasib Pasar Properti di Jabodetabek?

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini