Terungkap Keberadaan Miliarder Jack Ma Selama Menghilang

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 455 2489092 terungkap-keberadaan-miliarder-jack-ma-selama-menghilang-mHjdDUBgAw.jpg Miliarder Jack Ma tengah studi tur di Eropa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Miliarder pendiri Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma yang dikabarkan menghilang, kini diketahui tengah berada di Eropa untuk studi tur. Melansir South China Morning Post (SCMP), Jack Ma sedang berada di Spanyol untuk studi tur pertanian dan teknologi yang berkaitan dengan isu lingkungan.

Sebelumnya, Ma diketahui menghilang sejak pidatonya yang mengkritisi sistem peraturan China pada tahun lalu. Dia pun sempat menemui keluarganya di Hong kong untuk menghabiskan waktu bersama.

Padahal, Ma, seorang penjelajah dunia yang dikenal tidak pernah menghindar dari pusat perhatian. Namun, salah satu pendiri Alibaba, Joe Tsai mengatakan, Ma tidak mau jadi sorotan dan ingin fokus pada kegiatan amal serta hobinya.

Dia memutuskan untuk pensiun dari jabatannya sebagai bos Alibaba pada 2019. Hingga kini, “kerajaan” Ant Group milik Ma berada di bawah pengawasan ketat oleh regulator China karena pidato kritisnya yang bahkan menyebabkan penangguhan penawaran umum perdana (IPO) senilai 37 miliar dolar AS atau setara Rp521,8 triliun.

Baca selengkapnya: Lama Menghilang, Miliarder Jack Ma Ternyata Studi Tur ke Eropa

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini