Fakta Pencairan 8 Bansos, Cek Syarat dan Cara Mendapatkannya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 320 2504747 fakta-pencairan-8-bansos-cek-syarat-dan-cara-mendapatkannya-wD6hae0PEh.jpg Pencairan Bantuan Sosial Bulan Ini. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA Bantuan sosial (bansos) hingga November masih terus diberikan kepada masyarakat. Bantuan ini dialokasikan sejak bulan-bulan sebelumnya, apalagi sejak pandemi Covid-19 mewabah.

Para penerima bantuan termasuk yang disalurkan untuk pekerja, pengusaha, pedagang kecil, pelajar/mahasiswa, masyarakat desa, hingga rumah tangga.

Berikut fakta-fakta 8 bansos cair bulan ini yang dirangkum di Jakarta, Minggu (21/11/2021).

1. BLT Subsidi Gaji

BLT Subsidi Gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta untuk pekerja se-Indonesia direncanakan cair pada November 2021. Adapun cakupan penerimanya diperluas lantaran masih ada sisa dan Rp1,7 triliun yang akan menyasar 1,6 pekerja. Sebab itu, diputuskan bahwa BLT subsidi gaji akan diberikan pada pekerja/buruh di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

Penerima bisa mengecek statusnya melalui laman https://bsu.kemnaker.go.id/, situs bsu.bpjsketenagakerjaan.go id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, serta melalui layanan WhatsApp di nomor 081380070175 atau call center Layanan Masyarakat 175.

Baca Juga: BLT UMKM 100% Tersalurkan, 12,8 Juta Pelaku Usaha Dapat Rp1,2 Juta

2. BLT UMKM atau BPUM

Saat ini, BLT UMKM atau BPUM pun sedang melalui tahap pencairan dengan anggaran Rp15,24 triliun ke 12,7 juta pelaku usaha mikro. Realisasinya dibagi dua tahap sejak diluncurkan pada 2020. Dalam tahap satu, BLT UMKM sukses diberikan ke seluruh 9,8 juta penerima pada Juli lalu. Untuk tahap dua, BLT yang menyasar 12,7 juta pelaku usaha ini dalam tahap pencairan pada November.

3. BLT Pedagang Kaki Lima (BLT PKL)

Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp1,2 juta kembali disalurkan pada Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pemilik warung. Bantuan ini merupakan Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) yang masuk dalam Klaster Perlindungan Sosial (Perlinsos) di Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bantuan ini menyasar satu juta pedagang kaki lima dan pemilik warung dan penerima terverifikasinya akan diundang untuk pengambilan bantuan di Kantor Polres atau Kodim setempat.

Baca Juga: BLT UMKM Cair Rp15,3 Triliun untuk 12,8 Juta Pelaku Usaha

4. BLT Kuota Internet

Bantuan yang sebelumnya berakhir pada Mei lalu ini diberikan lagi mulai September hingga November. Bantuan ini akan dialokasikan untuk siswa PAUD sebesar 7GB, SD-SMA mencapai 10GB, pendidik PAUD-SMA 12 GB, dan mahasiswa/dosen sebesar 15GB per bulan. Secara keseluruhan, bantuan kuota internet akan menyasar pada 26,9 juta siswa, mahasiswa, dan guru/dosen dengan total anggaran Rp 2,3 triliun.

5. BLT Dana Desa

Bantuan Dana Desa ini diberikan bersama sejumlah bantuan desa lain seperti Program Desa Aman Covid-19 dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Adapun alokasi untuk BLT Dana Desa sebesar Rp15,42 triliun.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggunakan sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui belanja Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

6. Kartu Sembako

Pemerintah dikabarkan bakal melakukan top-up Kartu Sembako menggunakan dana optimalisasi di Kementerian Sosial. Masing-masing penerima pun akan mendapat Rp300 ribu.

Bantuan ini akan disalurkan ke 35 kabupaten di Indonesia. Nantinya, yang mendapatkan sembako ini masyarakat kurang mampu yang kesulitan menjalani hidup.

7. Insentif Kartu Prakerja Gelombang 22

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 sebelumnya telah dibuka sejak 25 - 27 Oktober 2021. Saat ini, gelombang 22 pun sedang dalam proses pelaksanaan dan penerima dapat membeli pelatihan pertama.

Pasalnya, insentif diberikan kepada penerima Kartu Prakerja yang membeli pelatihan pertama sebelum 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima.

8. Stimulus/Diskon Listrik

Stimulus ketenagalistrikan merupakan salah satu bantuan sosial (Bansos) yang masih diberikan kepada masyarakat pada bulan ini. Stimulus listrik diberikan berupa diskon tarif hingga 50%.

Masyarakat dapat mengetahui statusnya sebagai penerima melalui aplikasi PLN Mobil atau situs web PLN, portal.pln.co.id dan memilih menu "Diskon Stimulus Covid-19". 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini