Beli Produk Lokal Bantu Pulihkan Ekonomi, Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia Tingkatkan Transaksi UMKM

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 622 2506759 beli-produk-lokal-bantu-pulihkan-ekonomi-program-stimulus-bangga-buatan-indonesia-tingkatkan-transaksi-umkm-FN8y6pO2y6.jpg Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA – Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) secara signifikan mendorong transaksi para pelaku UMKM. Para konsumen pun diuntungkan karena selain bisa membeli produk lokal yang berkualitas juga mendapatkan diskon melalui voucher PSBBI.

Program yang dilaksanakan mulai 1 November – 12 Desember ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi produk kreatif yang dilaksanakan melalui 11 e-commerce yang menjadi mitra program ini yakni Bukalapak, Bhinneka, Blibli, 99%Usahaku, The FThing, Goorita, MalangGleerr, EverMos, PaxelMarket, BeeMarket dan Grab.

Baca Juga: Belanja Produk Lokal di Harbolnas Manfaatkan Voucher Stimulus Bangga Buatan Indonesia, Ini Syaratnya

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengajak masyarakat untuk membeli produk lokal lewat PSBBI. Menurutnya dengan membeli barang lokal yang berasal dari UMKM Indonesia akan membantu menstimulasikan perekonomian Indonesia yang kini tengah bangkit setelah hampir dua tahun mengalami masa pandemi.

Konsumen akan mendapatkan promo voucher senilai Rp100.000 dengan minimal pembelanjaan Rp200.000,- dari produk lokal favorite mereka yang bisa digunakan pada e-commerce pendukung program PSBBI.

Tawaran ini menggiurkan karena konsumen bisa memperoleh diskon belanja hingga 50%. Terutama bila digabungkan dengan promo lain yang diberikan oleh masing-masing e-commerce.

Sedangkan para UMKM berkesempatan menerima voucher subsidi hingga 500 voucher atau maksimal Rp50 juta per UMKM.

PSBBI merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor Ekonomi Kreatif. Tujuannya adalah untuk menggerakkan roda perekonomian melalui peningkatan transaksi penjualan produk UMKM kreatif pada subsektor fesyen termasuk kosmetik dan perawatan kulit, kriya serta kuliner yang berjualan melalui e-commerce.

Program ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf/ Baparekraf dengan sejumlah kementerian/ lembaga di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Dalam Negeri, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Kejaksaan, Polri, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Ayo jadi pejuang negeri dengan Bangga Buatan Indonesia dan beli kreatif lokal. Kapan lagi mendapatkan produk lokal berkualitas dengan subsidi harga sangat menarik, tentunya hanya di Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia.

Adapun Syarat dan Ketentuannya adalah :

1. Pembeli memperoleh voucher potongan harga Rp100.000,- pada transaksi dengan minimum pembelian sebesar Rp200.000,-

2. Pembeli bisa mendapatkan Voucher potongan harga lebih dari 1 Voucher mengikuti syarat dan ketentuan berlaku pada masing-masing platform.

3. Pembeli mendapatkan voucher potongan harga melalui e-commerce yang mendukung program PSBBI: Bee Market, Bhineka, BliBli, Bukalapak, Evermos, Goorita, Grab, Malang Gleerrr, Paxel market, The F Things dan 99% Usahaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini