Share

3 Fakta Curhat Penjaga Toilet SPBU Pertamina, Berbayar Untung Jadi Gratis Gigit Jari

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Senin 29 November 2021 03:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 320 2507752 3-fakta-curhat-penjaga-toilet-spbu-pertamina-berbayar-untung-jadi-gratis-gigit-jari-f0No3aCSSJ.jpg Toilet SPBU Pertamina Gratis (Foto: MPI)

JAKARTA - Sejak ditegur oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, sejumlah toilet di SPBU menggratiskan penggunaannya. Erick menyayangkan fasilitas umum di BUMN sekelas Pertamina masih memungut biaya dari masyarakat.

Baru beberapa hari berlaku, beragam cerita datang dari penjaga toilet SPBU. Okezone telah merangkum curhat para penjaga toilet SPBU, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Heboh Toilet Berbayar di SPBU Pertamina yang Bikin Erick Thohir Geram, Ini 4 Faktanya

1. Biasanya sudah dapat Rp150 ribu

SPBU yang telah menerapkan toilet gratis adalah SPBU di depan Asrama Haji, Jakarta Timur. Berkaitan dengan kebijakan ini, seorang penjaga toilet bernama Nana (50) menyampaikan keluhannya.

"Biasanya saya jam segini itu sudah dapat Rp100 ribuan, tapi sekarang baru Rp50 ribu, itu iuga belum termasuk untuk makan dan biaya perawatan toilet," kata dia.

Dalam sehari, Nana biasanya mendapatkan Rp150 ribu. Sebagian dari uang itu dia sisihkan untuk membeli perlengkapan pemeliharaan toilet.

Baca Juga: Pertamina Gratiskan Toilet di SPBU Usai Disentil Erick Thohir

2. Banyak yang tidak membayar

Sebelum disentil Erick, Nana mengungkapkan bahwa banyak masyarakat yang enggan untuk membayar biaya penggunaan toilet. Dengan dipasangnya tulisan toilet gratis ini, dia hanya bisa pasrah.

"Gak ada tulisan gratis pun juga sudah banyak yang tidak membayar, bagaimana sekarang ada tulisannya, tapi ya tidak apa-apa," lanjut Nana.

3. Dijaga agar kebersihan terpantau

Seorang penjaga toilet di SPBU Pondok Gede, Jakarta Timur mengungkapkan tak selamanya penjaga toilet berniat untuk menagih biaya pemakaian. Dia sendiri menjaga toilet agar kebersihannya tetap terpantau.

"Kalau toilet itu harus standby, sekarang gini, toilet ditinggalin setengah jam saja, itu sudah kotor bekas tanah, karena orang masuk sini kadang ada yang pakai sepatu kotor atau segala macam," ujarnya kepada MNC Portal, Selasa (23/11/2021).

Dia juga menjaga toilet di SPBU itu dengan tujuan mengamankan barang-barang masyarakat yang tertinggal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini