Heboh Toilet Berbayar di SPBU Pertamina yang Bikin Erick Thohir Geram, Ini 4 Faktanya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2505970 heboh-toilet-berbayar-di-spbu-pertamina-yang-bikin-erick-thohir-geram-ini-4-faktanya-rtoTeqW7UT.jpg Heboh Toilet Bayar di SPBU. (Foto: Okezone.com/Koran Sindo)

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegur PT Pertamina (Persero) terkait fasilitas berbayar di SPBU. Erick beranggapan bahwa Pertamina seharusnya bisa menggratiskan fasilitas toilet.

Berikut fakta-fakta toilet SPBU berbayar yang dirangkum di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

1. Biaya Toilet Digunakan untuk Perawatan

Penjaga toilet yang bekerja di SPBU Pertamina Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur, menerangkan bahwa biaya sebesar Rp2.000 untuk buang air kecil dan Rp4.000 untuk buang air besar atau mandi. Adapun uang tersebut nantinya digunakan untuk biaya perawatan.

Baca Juga: Pertamina Gratiskan Toilet di SPBU Usai Disentil Erick Thohir

2. Toilet Seharusnya Gratis

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohit sentil jajaran direksi Pertamina yang mematok tarif untuk fasilitas toilet di SPBU. Sebagai salah satu BUMN, Erick beranggapan Pertamina seharusnya bisa menggratiskannya.

“Kenapa gak gratis? Kan ini fasilitas umum?” tanyanya kepada sang penjaga toilet, dikutip dari Instagram resminya.

Baca Juga: Disentil Erick Thohir soal Toilet SPBU Berbayar, Ini Penjelasan Pertamina

“Saya kurang tau, Pak. Saya cuma kerja, Pak,” jawab penjaga toilet tersebut.

3. Pertamina Sudah Mendapatkan Uang dari Sumber Lainnya

“Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapet dari jualan bensin,” harap Erick.

Selain itu, Pertamina juga telah mendapatkan uang dari toko kelontong yang berada di kawasannya. Oleh karena itu, sudah seharusnya masyarakat mendapatkan fasilitas tambahan yang tidak perlu mengeluarkan biaya.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan POM-POM bensin swasta yang di bawah Pertamina juga toiletnya gak boleh bayar. Harus gratis!” imbaunya.

4. Penjelasan Pertamina

PT Pertamina (Persero), memberikan penjelasan terkait tarif untuk fasilitas toilet di SPBU yang telah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami akan sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat," ujar Corsec Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini