Share

Sri Mulyani Sindir Kerja LPEI: Jangan Cuma Salurkan Kredit

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 320 2527435 sri-mulyani-sindir-kerja-lpei-jangan-cuma-salurkan-kredit-pF0BJgve9p.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melantik Rijani Tirtoso sebagai Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) di Kantor LPEI Jakarta. Rijani menggantikan Daniel James Rompas yang memegang posisi tersebut sebelumnya.

Sri Mulyani mengharapkan bahwa dengan perubahan pada pucuk pimpinan ini dapat terus memperbaiki kinerja LPEI, baik dari sisi keuangan maupun dalam fungsi dan tugas LPEI untuk mendorong ekspor di Indonesia.

Baca Juga: Realisasi Asuransi Ekspor LPEI Capai Rp9,6 Triliun di Semester I-2021

“Beberapa fungsi apakah sebagai pemberi kredit atau credit enhancer, fasilitator, akselerator, maupun aggregator itu adalah fungsi-fungsi yang membutuhkan direksi, pimpinan, dan seluruh manajemen yang mampu untuk berpikir kreatif dan inovatif. Tidak hanya berpikir secara rutin, karena kita dihadapkan pada sebuah lingkungan dunia yang bergerak sangat cepat,” tandas Menkeu, Selasa (4/1/2021).

Menkeu mengatakan, ekspor yang merupakan salah satu mesin pertumbuhan ekonomi membutuhkan pemikiran yang kompleks dari sisi desain kebijakan hingga instrumen pembiayaan dan juga dari sisi organisasi. Dengan demikian, LPEI dapat bergerak sinergis dan sinkron dengan keinginan Indonesia untuk mengubah ekspor dari yang tadinya hanya bersifat raw material dari sumber daya alam menjadi ekspor berdasarkan nilai tambah, produktivitas, kreativitas, dan keunggulan kompetitif.

Baca Juga: LPEI Biayai Ekspor Pesawat ke Senegal Rp354 Miliar

“Sebagai sebuah institusi yang dibentuk dengan Undang-undang khusus, sifatnya sui generis, maka LPEI memang di desain untuk mampu menjawab masalah-masalah yang tidak bisa dijawab oleh institusi biasa,” ungkap Menkeu.

Menkeu menegaskan seluruh Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyelesaikan misi pembangunan yang diamanatkan. LPEI diharapkan dapat melihat kesempatan dan tantangan yang ada di bidang ekspor sebagai suatu misi yang harus dijawab dan diatasi.

“Tolong dari sisi ini LPEI bekerja jauh lebih kreatif. Tidak sekedar menyalurkan kredit. Gunakan pemikiran dan intelektual anda bersama dengan otot yang kita miliki. Gunakan itu dan terus tingkatkan kemampuan analisa bersama-sama dengan SMV yang lain dan bersama Kemenkeu,” pungkas Menkeu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini