Share

Cara Cek Penerima Bansos PKH Bulan Ini, Ada BLT Ibu Hamil Rp3 Juta hingga Anak Sekolah Rp4,4 Juta

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 320 2529957 cara-cek-penerima-bansos-pkh-bulan-ini-ada-blt-ibu-hamil-rp3-juta-hingga-anak-sekolah-rp4-4-juta-T1sqUm4iBZ.jpg Bansos Cair (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Cara mengecek penerima bansos yang akan cair bulan ini. Salah satu bansos yang akan dicairkan adalah bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

Terlebih lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah tetap menyalurkan bansos tahun ini.

"Ya terus, masih ada stimulus. Kemudian, ada juga bantuan sosial yang akan kita teruskan," ujar Jokowi saat berbincang dalam acara Dialog Spesial Seputar iNews Siang yang ditayangkan di RCTI, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Jokowi Pastikan Bansos Terus Diberikan ke Masyarakat di 2022

Sekadar informasi, anggaran bansos masuk ke dalam perlindungan sosial (perlinsos) Rp154,8 triliun. Untuk total anggaran PEN 2022 mencapai Rp414 triliun.

Untuk anggaran perlindungan sosial mencapai Rp154,8 triliun yang akan dialokasi untuk bansos antara lain, BLT Desa, Kartu Prakerja, Kartu Sembako hingga Program Keluarga Harapan (PKH).

Fokus dari program PEN tahun depan meliputi bidang kesehatan dengan anggaran sebesar Rp117,9 triliun, perlindungan masyarakat Rp154,8 triliun dan penguatan pemulihan ekonomi Rp141,4 triliun. Untuk anggaran bidang kesehatan Rp117,9 triliun dan perlindungan masyarakat Rp154,8 triliun masih akan disesuaikan seiring perkembangan penanganan Covid-19.

Bansos PKH terdiri dari berbagai bantuan, seperti BLT ibu hamil hingga anak sekolah. Pencairan bansos PKH melalui Bank Himbara.

Data penerima bantuan sosial (Bansos) yang telah disalurkan maupun masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id. Kini, publik dapat memantau penyaluran bansos tersebut melalui wadah tersebut.

"Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis.

Dia berharap aplikasi yang diterbitkan ini bisa memenuhi hak informasi publik. Aplikasi rencananya terus dikembangkan sehingga bisa diakses di mana dan kapan saja. Saat ini untuk mengetahui alur distribusi, hanya bisa diakses melalui website.

"Fitur dan kemampuan aplikasi cekbansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan dan masukan serta harapan masyarakat," katanya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui Anda terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak, berikut langkahnya:

 

1. Masuk ke website https://cekbansos.kemensos.go.id/

2. Masukkan nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan

3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP

4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode

5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru

6. Lalu klik tombol cari

Jumlah penerima PKH tahun 2020 sebanyak 10.000.000 KPM dengan alokasi anggaran sebesar Rp36,9 Triliun. PKH harus terdaftar dan hadir pada fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat.

Kewajiban penerima PKH di bidang kesehatan meliputi pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemberian asupan gizi dan imunisasi serta timbang badan anak balita dan anak prasekolah.

Sedangkan kewajiban di bidang pendidikan adalah mendaftarkan dan memastikan kehadiran anggota keluarga PKH ke satuan pendidikan sesuai jenjang sekolah dasar dan menengah. Dan untuk komponen kesejahteraan sosial yaitu penyandang disabilitas dan lanjut usia mulai 70 tahun.

Jika mengacu tahun lalu, berikut besaran bansos yang cair dari bansos PKH: Indeks dan faktor penimbang Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Tahun 2021 (Rp)/Tahun

Kategori Ibu Hamil/Nifas

: Rp3.000.000,-

Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun

: Rp3.000.000,-

Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat

: Rp900.000,-

Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat

: Rp1.500.000,-

Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat

: Rp2.000.000,-

Kategori Penyandang Disabilitas berat

: Rp2.400.000,-

Kategori Lanjut Usia

: Rp2.400.000,-

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini