Share

Simak! Tips Liburan Murah Tanpa Bikin Kantong Jebol

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 622 2552547 simak-tips-liburan-murah-tanpa-bikin-kantong-jebol-W55hwlgIPf.jpg Tips liburan tanpa bikin kantong jebol. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Tips liburan murah tanpa bikin kantong jebol ini bisa diikuti.

Liburan dibutuhkan untuk melepas penat sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, sebagian orang menganggap bahwa liburan pasti mengeluarkan banyak biaya. Lantas, bagaimana cara agar bisa liburan murah tanpa bikin kantong jebol?

 BACA JUGA:7 Hotel Dekat Sirkuit Mandalika, Bikin Pengen Liburan Terus

Menurut perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, usaha berhemat perlu dilakukan terutama dalam konteks liburan.

Menurutnya, agar liburan tetap hemat pada intinya harus dilakukan perencanaan dari jauh-jauh hari.

“Kalau dadakan itu cenderung bikin kita lengah, karena ada yang tiba-tiba. Ada yang seharusnya disiapkan kemudian tidak ada. Makanya harus mendadak beli, itu karena kurang persiapan,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (24/2/2022).

Dia mengatakan, jika liburan tidak direncanakan maka akan membuat Anda over budget.

Misalnya, membeli sesuatu yang tidak ada dalam anggaran.

“Malah membuat kita harus membeli sesuatu yang tidak ada dalam budget. Padahal bisa jadi barangnya atau layanannya kita sudah punya. Tapi karena tidak ketemu, seperti itu kan annoying menurut saya,” jelasnya.

 BACA JUGA:Tips Aman Liburan ke Labuan Bajo, Jangan Terbuai Harga Murah Travel Agent agar Tak Tertipu

Oleh karena itu, ada cara menyiasati hal tersebut yakni seperti berburu diskon promo.

Jika dilakukan, hal ini bisa mengontrol pengeluaran.

“Kalau jauh-jauh hari itu Anda punya waktu untuk berburu diskon. Kan sudah ada budgetnya, berburu diskon itu bukan karena berburu diskon promo liburan, tetapi karena Anda sudah punya budget,” bebernya.

Dia menambahkan, jika seseorang sudah memiliki budget, artinya sudah memprediksi berapa dana yang dibutuhkan untuk liburan.

Sehingga, nantinya tidak akan mengganggu pengeluaran rumah tangga.

“Anda sudah punya budget, Anda sudah punya total yang kira-kira bersedia dihabiskan tanpa mengganggu pengeluaran rumah tangga atau pengeluaran yang lain. Maka budget tersebut bisa dipakai, bila budgetnya sudah dipisahkan dari kebutuhan,” tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini