Share

Jatuh di China, Pesawat Boeing 737-800 di Indonesia Masih Aman? Kemenhub Buka Suara

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2022 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 320 2565976 jatuh-di-china-pesawat-boeing-737-800-di-indonesia-masih-aman-kemenhub-buka-suara-lNpKrtGqRQ.jpg Kemenhub soal Pesawat Boeing (Foto: Dokumentasi Kemenhub)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara soal pesawat Boeing 737-800 yang masih beroperasi di Indonesia usai terjadi insiden pesawat China Eastern Airlines jatuh.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pengawasan agar keselamatan dan keamanan penerbangan dapat terus dijaga.

“Pesawat jenis Boeing 737-800 tetap beroperasi seperti biasa di Indonesia, dan proses pengecekan tetap berlangsung sebagai bagian dari audit berkala, yang dilakukan oleh para inspektur dari kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto di Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Pesawat Boeing 737-800 Jatuh di China, Ini Spesifikasinya

Mengenai kecelakaan pesawat yang terjadi di China, Kemenhub masih memonitor perkembangan situasi terkini. Saat ini Pemerintah akan terus mendorong peningkatan pengawasan maskapai khususnya penerbangan domestik di Indonesia.

“Hingga saat ini dengan adanya informasi yang cukup dan jelas untuk mengambil kebijakan, khususnya penyelenggaraan transportasi udara,” katanya.

Pihaknya juga terus berkomunikasi intens dengan maskapai penerbangan khususnya domestik, serta melakukan peningkatan pengawasan keselamatan operasi pesawat udara secara ketat untuk memastikan kepatuhan operator terhadap regulasi keselamatan penerbangan.

Sementara itu, pihaknya menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah kecelakaan China Eastern Airlines yang jatuh di pegunungan wilayah Guangxi, China Selatan, pada Senin (21/3) sore yang membawa 123 penumpang dan sembilan awak pesawat, berdasarkan informasi dari Civil Aviation Administration of China (CAAC).

“Kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada korban kecelakaan pesawat China Eastern Airlines Boeing 737-800 di wilayah Guangxi. Semoga proses penyelidikan penyebab kecelakaan dapat segera diketahui," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini