Share

Jokowi soal UMKM: Memang Banyak yang Harus Dibenahi agar Semakin Berkualitas

Raka Dwi Novianto, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 320 2568987 jokowi-soal-umkm-memang-banyak-yang-harus-dibenahi-agar-semakin-berkualitas-azOVkcKGil.JPG Jokowi minta perizinan UMKM dipermudah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masih banyak yang perlu dibenahi agar produk-produk UMKM semakin berkualitas dan kompetitif bisa bersaing pada ekosistem digital.

Hal tersebut disampaikan Jokowi membuka acara Rakornas Tranformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022 pada hari ini Senin (28/3/2022) yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

"Memang banyak yang harus kita benahi kita harus benahi dari hulu sampai hilir produk-produk UMKM harus semakin berkualitas, harus semakin kompetitif kita harus benahi sama-sama packaging nya kemasannya dan branding-nya," ujar Jokowi dalam sambutannya.

 BACA JUGA:17,5 Juta Pelaku UMKM Masuk Ekosistem Digital, Jokowi: Ini Belum Cukup!

Jokowi sendiri telah menandatangani Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2022 tentang pengembangan kewirausahaan nasional 2021-2024. Atas hal tersebut Jokowi meminta agar ekosistem kewirausahaan di Indonesia untuk semakin membaik.

"Saya ingin ekosistem kewirausahaan nasional kita semakin membaik, semakin baik dan akan lahir banyak wirausaha-wirausaha muda yang baru, wirausaha-wirausaha yang produktif yang kreatif yang siap memajukan UMKM Indonesia dan bersaing di pasar global," jelasnya.

Jokowi memintanya kepada jajaran pemerintahan dari pusat sampai ke daerah untuk bekerja keras memperbaiki sistem usaha. Khususnya terkait dipermudahnya perizinan bagi UMKM.

"Perizinan perizinan harus terus dipermudah, akses terhadap permodalan harus diperluas inovasi dan teknologi harus terus dperkuat dan produk-produk UMKM kita harus semakin kreatif dan menarik," tegasnya.

Selain itu, Jokowi berharap agar pemerintah pusat sampai daerah untuk terus berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada UMKM di Indonesia.

 BACA JUGA:Usai Jokowi Sindir Para Menteri Doyan Impor, Erick Thohir: Sarinah Buat Produk Lokal Naik Kelas

Serta pendataan yang komprehensif agar bisa menavigasi perkembangan UMKM.

"Nemberikan pelatihan-pelatihan memberikan pelatihan keahlian -keahlian baru, mengenal dan memanfaatkan teknologi produksi serta berbagai teknologi digital yang bermanfaat bagi pengembangan usaha," katanya.

"Pendataan tunggal yang komprehensif dan akurat harus terus ditingkatkan kita harus memiliki basis data tunggal UMKM yang bisa menavigasi pengembangan UMKM agar lebih fokus agar lebih terarah dan berkelanjutan dan membawa para pelaku usaha kecil koperasi untuk semakin maju dan sejahtera," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini