Share

BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Layak Diberikan pada Pekerja Ini, Simak Kriterianya

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 320 2596121 blt-subsidi-gaji-rp1-juta-layak-diberikan-pada-pekerja-ini-simak-kriterianya-MvcA03dEE2.jpeg BLT Subsidi Gaji Belum Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pekerja tengah menantip-nanti pencairan BLT subsidi gaji Rp1 juta. Tapi, tidak semua pekerja bisa mendapat bantuan subsidi upah ini.

Pemerintah menetapkan kriteria pekerja yang layak dapat BLT subsidi gaji. Di antaranya, mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312 dibulatkan menjadi Rp4.800.000.

Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

Adapun anggaran BLT subsidi gaji yang disiapkan untuk 8,8 juta pekerja mencapai Rp8,8 triliun.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan BLT subsidi gaji akan dicairkan sebelum Lebaran, namun hingga saat ini BLT subsidi gaji masih belum cair.

Dia menyebut Kementerian Ketenagakerjaan tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 dan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel.

Baca Selengkapnya: Tak Semua Pekerja Dapat BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta, Cek Kriterianya!

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini