Share

Hati-Hati Ada Modus Soceng, Saldo Rekening Dikuras Sampai Kering

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 320 2614992 hati-hati-ada-modus-soceng-saldo-rekening-dikuras-sampai-kering-A6yrpviTuH.jpg Waspada Begal Rekening (Foto: Okezone)

JAKARTA - Social engineering atau soceng menjadi salah satu modus penipuan yang marak belakangan ini.

Pelaku menyamar menjadi pihak resmi jasa keuangan atau ecommerce dan menjebak korban agar memberikan data pribadi, data akun dan data finansial.

Pelaku menguras isi rekening korban dengan waktu kurang dari lima menit.

“Masyarakat jangan menghiraukan pesan yang menyaru sebagai pihak bank, padahal sejatinya komplotan jahat yang ingin menguras rekening,” ujar Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho, seperti dikutip dalam keterangannya.

Aji menambahkan masyarakat yang menggunakan dompet dan bank digital harus mengetahui prinsip keamanan digital supaya tidak menjadi korban kejahatan, seperti pengambilalihan rekening melalui phising dan social engineering.

“Ketika ragu, pastikan menanyakan langsung kepada pihak bank baik ke kantor cabang, melalui hotline resmi, atau mengirim pesan melalui akun media sosial resmi bank yang sudah centang biru,” tutur Aji.

Mengutip dari postingan Instagram Otoritas Jasa Keuangan (OJK) @ojkindonesia, data-data yang diincar oleh pelaku kejahatan soceng biasanya adalah username, password, nomor kartu kredit atau debit, kode PIN ATM, dan kode OTP.

Berikut ini adalah modus soceng atau begal rekening yang perlu diwaspadai:

Baca Selengkapnya: Waspada Modus Soceng! Saldo Rekening Dikuras Sampai Kering

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini