Share

Jalan Tol Puncak Bogor Dibangun Tahun Depan

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 21 Juni 2022 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 470 2615223 jalan-tol-puncak-bogor-dibangun-tahun-depan-8Zl72otUip.JPG Ilustrasi puncak. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun jalan tol yang membelah jalur puncak yang tembus ke Cianjur Jawa Barat.

Rencana tersebut muncul usai rombongan anggota komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja kesana.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja mengatakan hingga saat ini rencana tersebut masih dalam tahapannya pra FS (Feasibility Study) studi kelayakan.

 BACA JUGA:Healing Tanpa Pusing, Siap-Siap Ada Tol Langsung ke Puncak Bogor

"Rencana trase yang sedang dikaji dalam Pra FS dari Caringin ke Megamendung/Cisarua, lalu ke Gunung Mas hingga Cianjur," ujar Endra kepada MNC Portal, Selasa (21/6/2022).

Lebih lanjut Jubir Kementerian PUPR itu menjelaskan beberapa aspek menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan pra FS yang dilakukan saat ini.

Bukan hanya mengukur berkurangnya kemacetan saja, namun sosial hingga lingkungan juga menjadi pertimbangan.

"Pertimbangan sosial, ekonomi/finansial dan lingkungan harus menjadi dasar pengambilan keputusan untuk pelaksanaannya," kata Endra.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Hal tersebut yang membuat proses pra FS memakan waktu yang cukup lama.

Bahkan hingga akhir tahun pun belum tentu proses tersebut selesai dan lajut pada tahapan selanjutnya.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita lanjutkan dengan FS dan AMDAL nya," sambungnya.

Anggota Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa mengatakan saat ini masyarakat yang berada di Puncak Bogor maupun Cianjur kerap menjadi korban kemacetan akibat penumpukan kendaraan yang datang dari Jakarta.

"Permintaan mereka cuma dua, pertama minta diselesaikan jalur puncak II, kedua tol Bocimi bisa sampe segera sampai ke Cianjur," ucap Neng Eem dalam raker bersama Kementerian PUPR.

"Saya senang dengar akan ada tol dari macaringin sampai ke gunung mas, saya kira itu akan membantu, walaupun itu hanya sampai wilayah Bogor belum sampai Cianjur," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini