Share

Covid-19 Kembali Meningkat, Aturan Masker Siap Diubah?

Heri Purnomo, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 320 2617571 covid-19-kembali-meningkat-aturan-masker-siap-diubah-OfkR2DpJSn.JPG Ilustrasi penggunaan masker. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir menunjukkan tren kenaikan kasus 1.000 per hari.

Juru bicara Satgas Covid-19 PB IDI, Erlina Burhan menyarakan pemerintah Indonesia untuk kembali menerapkan aturan penerapan protokol kesehatan pada masa Covid-19.

"Kami berharap pemerintah kembali kepada aturan lama dalam menghadapi Covid-19. Di mana kita pernah berhasil (menurunkan angka Covid-19)," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Jumat (24/6/2022).

Erlina menyarankan agar penggunaan masker di luar ruangan tetap digunakan.

 BACA JUGA:Naik 449, Dinkes Catat Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Kini 7.228 Orang

Hal itu karena adanya varian baru Covid-19, yakni BA.4 dan BA.5 yang yang mudah menular.

"Aturan boleh buka masker di luar ruangan yang diberlakukan pada bulan lalu itu tidak masalah, namun untuk saat ini karena kasus meningkat, dan penggunaan masker hal yang mudah untuk dilakukan," katanya.

Selain itu, IDI juga meminta pemerintah kembali mengaktifkan dan memperbanyak penelusuran atau tracing.

IDI pun mengimbau para pemangku kebijakan seperti Kepala Daerah untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan cakupan booster.

"Kami PB IDI mengimbau pada pemangku kebijakan seperti kepala daerah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi pusat karena masih rendah 23%," jelasnya.

Kemudian, PB IDI merekomendasikan pemerintah untuk kembali memberlakukan kewajiban tes PCR bagi pelaku perjalananan di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini