Share

Maniak Arisan Wajib Baca! Ini Lho yang Harus Dipikirkan Sebelum Ikutan

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 02 Juli 2022 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 622 2622456 maniak-arisan-wajib-baca-ini-lho-yang-harus-dipikirkan-sebelum-ikutan-9hkJVl0CEk.jpeg Tips sebelum ikut arisan (Foto: Okezone)

JAKARTAArisan uang adalah salah satu kegiatan yang akrab dengan masyarakat. Kadang, kelompok arisan dibentuk untuk menjaga silaturahmi.

Namun ada juga lho yang maniak arisan bahkan menjadikan arisan sebagai investasi. Apakah menguntungkan atau justru merugikan ya?

Perencana Keuangan Deramelia berpendapat, ada baiknya memikirkan ulang sebelum ikut arisan. Dia menjelaskan, sebenarnya konsep arisan seperti menabung.

“Arisan bisa saja seperti nabung kalau kamu dapatnya belakangan misalnya arisan satu juta per bulan dan ada 12 anggota dan kamu dapatkan arisannya di akhir bulan ke-12 maka itu sama seperti nabung di Bank,” kata dia dilansir dari Instagramnya, Sabtu (2/7/2022).

Namun, jika mendapat arisan di awal akan membuat Anda rugi. Sebab, kata dia, mendapat arisan di awal kocokan sama saja dengan berhutang kepada anggota arisan lain.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

“Kalau kamu dapat arisannya duluan misalnya di bulan pertama atau kedua maka itu artinya kamu punya hutang ke-11 anggota lainnya,” bebernya.

Untuk itu, dia lebih merekomendasikan menabung seperti biasa dibandingkan ikut arisan. Apalagi saat menabung atau investasi ada return yang bisa menjadi keuntungan.

“Nah daripada nabung kalau kamu pengen, aku lebih direkomendasikan untuk bikin sistem sendiri. misalnya bikin sistem autodebit dari rekening kamu untuk membeli reksadana, saham atau logam mulia. Selain nggak punya hutang, juga bisa mendapatkan return investasi,” tukasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini