Share

Daftar 10 Perusahaan Jepang yang Bakal Investasi di Indonesia

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 05 Agustus 2022 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 320 2642570 daftar-10-perusahaan-jepang-yang-bakal-investasi-di-indonesia-MGxmLTAgv2.jpg Daftar perusahaan Jepang yang bakal investasi di Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA – Daftar 10 perusahaan Jepang yang bakal investasi di Indonesia. Pemerintah Indonesia melakukan kunjungan ke 3 negara di Asia dalam rangka mencari komitmen investasi untuk Indonesia.

Setidaknya dari safari yang di pimpin oleh Presiden Joko Widodo itu, terdapat 20 perusahaan yang berkomitmen untuk melakukan investasi di dalam negeri. Deputi Bidang Promosi dan Penanaman Modal, kementerian Investasi/BKPM, Nurul Ichwan mengatakan 20 perusahaan besar asal Jepang dan Korea Selatan siap melakukan investasi di dalam negeri.

"Investasi ini membuka kesempatan lapangan pekerjaan, kemudian ini meningkatkan penghasilan masyarakat, kemudian bisa meningkatkan penghasilan pajak untuk negara," kata Nurul Ichwan dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/BKPM, Jumat (5/8/2022).

1. Toyota Motor Corp

Perusahaan ini minat melakukan investasi di Indonesia dengan melakukan perluasan investasi untuk memproduksi kendaraan elektrifikasi berbasis hybrid. Nilai Investasi perusahaan tersebut tercatat mencapai USD1 miliar. Rencananya bakal realisasi bertahap hingga tahun 2025 serta peluncuran mobil listrik BEV.

2. Sojitz Corp

Dengan minat investasi proyek metanol dengan nilai investasi USD1 miliar dengan catatan masih sedang tahap FS dan akan bekerjasama dengan PT.Pupuk Indonesia.

3. Mitsubishi Corp

Dengan nilai investasi belum tercatat namun minat dalam perluasan industri otomotif, Mitsubishi Corp memiliki rencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor perusahaan.

4. Mitsubishi Chemical Corp

Berminat dalam melakukan investasi untuk perluasan industri PET film dengan nilai investasi USD156 juta. Kementerian Investasi berkomitmen membantu perusahaan dalam berorientasi ekspor.

5. Denso Corp

Minat investasi dalam rangka relokasi dari Amerika Serikat dan Jepang di Bidang Industri Suku cadang kendaraan roda 4 dengan nilai investasi USD69 juta. Perusahaan ini disebut memiliki komitmen dalam pengembangan SDM.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

6. Toyota Tsusho

Perusahaan ini juga minat Investasi dalam pengelolaan pelabuhan Patimban dan proving Ground Bekasi. Kementerian Investasi menyatakan siap dalam membantu percepatan realisasi melalui konsorsium Indonesia dan Jepang.

7. Sharp Corp

Perusahaan ini memiliki komitmen investasi dengan nilai USD39 juta untuk perluasan pabrik AC ke 4. Kementerian Investasi memberikan dukungan dengan cara memberikan Tax Allowance sesuai ketentuan yang berlaku.

8. Inpex Corp

Mempunyai minat dalam membangun industri migas, dan Proyek Abadi LNG. Rencananya perusahan ini bakal bermitra dengan BUMN atau INA.

9. Kansai electric Power

Memiliki komitmen investasi senilai USD2,3 miliar untuk pembangunan industri pembangkit listrik dan EBT. Salah satunya adalah proyek pembangkit listrik Mahakam di Kalimantan Timur dan Barito di Kalimantan Tengah.

10. Mitshubishi Motors Corp

Perusahaan ini bakal melakukan perluasan investasi industri otomotif di Jawa Barat dengan nilai investasi USD697 juta. Perusahaan ini bakal melakukan pengembangan model baru mobil PHEV.

"Dari 10 perusahaan tersebut, kita mendapatkan USD5,2 miliar atau setara Rp75,4 triliun, ini dari Jepang saja," kata Nurul Ichwan.

"Investasi dari Jepang ini, kita bisa melihat bahwa mereka investasi yang membawa teknologi, artinya dalam sisi kontribusi dalam peningkatan ekonomi kita, maka dia akan memberi penguatan struktur pada Industri yang ada di Indonesia," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini