Share

Elon Musk Dihujat Imbas Pesawat Jetnya Terbang Hanya 9 Menit, Begini Ceritanya

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 26 Agustus 2022 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 320 2654959 elon-musk-dihujat-imbas-pesawat-jetnya-terbang-hanya-9-menit-begini-ceritanya-JseUw733cY.jpg Elon Musk (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jet pribadi Elon Musk terbang dari San Jose ke San Francisco - penerbangan 35 mil yang berlangsung total sembilan menit, menurut pengguna Twitter yang melacak pergerakan mogul teknologi.

Penerbangan super pendek melintasi Teluk San Francisco terjadi pada 6 Mei, tetapi pengguna Twitter secara luas membagikan peta satelit yang menunjukkan jalur penerbangan pesawat selama akhir pekan, dengan banyak yang mengungkapkan kemarahan atas jejak karbon yang ditinggalkan oleh kepala perusahaan mobil listrik.

"Elon Musk mengambil penerbangan 9 menit ke San Francisco dari San Jose, yang berjarak 5 pemberhentian di Caltrain," tweeted Hayden Clarkin, dikutip New York Post, Jumat (26/8/2022).

Merujuk pada kereta komuter lokal yang menghubungkan San Francisco dengan kota-kota di selatannya di sepanjang Teluk. "Saya benar-benar tidak punya kata-kata," tambahnya.

Menurut peta, pesawat Musk terbang sekitar 35 mil dari Bandara Internasional San Jose ke Bandara Internasional San Francisco. Dengan mobil, itu akan menjadi 40 menit berkendara tergantung pada lalu lintas.

Ken Klippenstein memposting tweet yang menyandingkan peta jalur penerbangan pendek dengan pesan dari Musk di mana dia menulis.

"Tesla ada untuk membantu mengurangi risiko bencana perubahan iklim, yang mempengaruhi semua spesies di Bumi," katanya.

“Bahkan jika kepercayaan Anda pada kemanusiaan goyah, ini layak untuk diperhatikan,” tweet Musk pada 2018. “Dukungan membuat perbedaan. Terima kasih," jelasnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Editor New York Times dan pembawa acara CNBC Andrew Ross Sorkin menawarkan penjelasan alternatif.

"Pesawat itu kemungkinan hanya sedang 'direposisi' - seperti di dalam pesawat sedang duduk di satu bandara dan kemudian dipindahkan ke bandara lain untuk menjemput penumpangnya," cuit Sorkin.

“Ini terjadi sepanjang waktu. Pesawat sering duduk di bandara yang kurang sibuk dan kemudian terbang ke bandara lain yang dekat,” katanya.

Sorkin tidak meyakinkan beberapa orang di Twitter. Seorang komentator menulis. “Lol dude itu masih penerbangan yang sangat pendek dan boros, membawa penumpang atau tidak. Lucu Anda melihatnya sebagai tugas Anda untuk membela ekses miliarder yang tidak masuk akal,” tulisnya.

Tahun lalu, Jack Sweeney, seorang mahasiswa berusia 19 tahun yang paham teknologi, mendirikan akun Twitter @ElonsJet, yang memberikan pembaruan rutin tentang penerbangan yang diambil oleh manusia terkaya di dunia dengan pesawat pribadinya.

Musk, yang mengatakan bahwa situs itu berisiko keamanan, sangat khawatir dengan akun Twitter Sweeney sehingga dia menghubungi siswa tersebut tahun lalu dan menawarkan USD5.000 untuk menghapusnya.

"Saya tidak suka gagasan ditembak oleh orang gila," tulis Musk kepada Sweeney dalam pesan pribadi.

Sweeney menolak tawaran USD5.000. Dia kemudian menuntut USD50.000 dari kepala Tesla. Setelah mempertimbangkan tawaran itu, Musk mengatakan dia tidak merasa benar untuk membayar untuk menutup akun. Akhirnya, dia berhenti merespons.

Selain tugasnya sebagai CEO Tesla dan SpaceX, Musk juga merupakan pendiri dan kepala eksekutif The Boring Company, sebuah perusahaan penggali terowongan yang menciptakan proyek "lingkaran" untuk perjalanan mobil bawah tanah.

Musk memulai perusahaan setelah dia bosan dengan lalu lintas di Los Angeles.

Mogul teknologi juga terlibat dalam pertarungan hukum dengan Twitter setelah perusahaan media sosial itu menggugatnya karena mencoba mundur dari kesepakatan senilai USD44 miliar untuk membeli pemegang sahamnya dan menjadikan perusahaan itu pribadi.

Bulan lalu, beberapa selebritas mendapat kecaman karena menggunakan jet pribadi untuk melakukan penerbangan pendek bahkan ketika secara terbuka menyatakan dukungan mereka untuk memerangi perubahan iklim.

Kylie Jenner, influencer media sosial dan bintang televisi realitas, dianggap sebagai "penjahat iklim" online setelah dia membual bahwa dia menggunakan jet pribadi untuk penerbangan pendek tiga menit untuk perjalanan yang kebanyakan orang akan lakukan dengan mobil dalam waktu sekitar 45 menit.

Bintang A-list lainnya yang telah ditandai secara online karena penggunaan pesawat pribadi yang berlebihan termasuk Taylor Swift, Floyd Mayweather, Jay-Z, Alex Rodriguez, Blake Shelton, Steven Spielberg, Mark Wahlberg, dan Oprah Winfrey.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini