Share

BRI Siap Salurkan KUR Rp260 Triliun Tahun Ini

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 30 Agustus 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 455 2657467 bri-siap-salurkan-kur-rp260-triliun-tahun-ini-zqztx50L5A.jpg Kredit UMKM BRI (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengalokasikan 81,7% pembiayaan untuk UMKM. Saat ini masih ada 30 juta pelaku usaha yang belum memiliki fasilitas pembiayaan yang perlu optimalisasi dari perbankan.

"Tahun 2022 ini kami diberikan kepercayaan tambahan, tahun 2021 dengan alokasi Rp195 triliun BRI bisa menyalurkan 99,4%, artinya apa saluran terhadap KUR ini menjadi nilai yang kami optimalkan," ujar Asistant Vice President Micro Sales Management Division BRI Asep Nugraha Sukma dalam sosialisasi akses permodalan bersama Kementerian Invetasi/BKPM, Selasa (30/8/2022).

Sedangkan untuk tahun 2022 ini Asep mengatakan porsinya ditambah Rp65 triliun menjadi Rp260 triliun. Sedangkan hingga Juli baru terealisasi 56%, maka menurut Asep pembiayaan KUR ini masih terbuka lebar untuk UMKM.

"Untuk maslaah agunan, kalau di kredit komersial tentunya wajib, karena kreditnya sudah lebih besar, otomatis proses analisa dan kewajiban itu lebih kompleks," sambungnya.

Adapun syarat untuk mengakses pembiayaan adalah menurut Asep sangat sederhana, pertama memiliki usaha yang produksi yang bisa dibuktikan dengan aktivitas usahanya. Kedua adalah usaha yang layak.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Jadi tidak selalu masalah agunan, tidak harus seberapa besar usaha kita," sambung Asep.

Sedangkan untuk persyaratan lainnya, menurut Asep juga sangat sederhana karena kalau untuk persyaratan dokumen utnuk pengajuan KUR bisa di proses saat teman-teman dari perbankan datang ke lokasi usaha.

"Tentu pada saat kita berikan, UMKM bisa berkonsultasi dengan para mantri kami dengan rm kami, sehingga ketika ada kebutuhan yang di inginkan bisa terfasilitasi sesuai dengan kondisi rill yang dinginkan dan dibutuhkan pada saat itu," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini