Share

Bulog Jamin Stok Beras RI Aman hingga Akhir 2022

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Rabu 14 September 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 320 2667275 bulog-jamin-stok-beras-ri-aman-hingga-akhir-2022-I3wK4NPhH2.jpg Beras. (Foto: MPI)

JAKARTA - Perum Bulog memastikan stok kebutuhan pangan termasuk beras tetap terjaga hingga akhir 2022.

Untuk beras sendiri, Perum Bulog memiliki stok sebesar 1 juta ton.

Oleh karena itu, diimbau masyarakat untuk tetap tenang.

"Bulog menjamin kecukupan pangan pokok hingga akhir tahun dengan stok beras yang dikuasai Bulog saat ini sebesar 1 juta ton yang tersebar merata di seluruh Indonesia," ujar Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyamto dikutip dari keterangan resminya, Rabu (14/9/2022).

 BACA JUGA:BULOG Gelontorkan Beras Operasi Pasar Antisipasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Di sisi lain, dalam rangka meredam kenaikan harga, Suyamto mengatakan, Bulog siap mendukung pelaksanaan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH).

“Sebagai upaya menjaga stabilitas harga kami akan meningkatkan program KPSH, sementara untuk meningkatkan stok cadangan beras penyerapan akan terus ditingkatkan,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan KPSH, NFA melalui Bulog menyalurkan beras 20 kg bagi setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan harga terjangkau yang telah ditetapkan sebelumnya.

Beras KPSH tersebut nantinya akan dilengkapi dengan informasi jenis beras dan harga tebus, sesuai dengan juknis yang akan ditetapkan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Untuk harga tebus akan disesuaikan dengan kualitas dan mutu beras.

Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) melalui KPSH ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 31 Desember 2022.

Sebagai bentuk transparansi, Bulog sebagai pelaksana akan melaporkan penyaluran CBP setiap bulan.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Arief Prasetyo Adi menegaskan bahwa jajarannya akan terus berkolaborasi dengan Dinas Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota guna mengendalikan inflasi bahan pangan di daerah, khususnya beras.

“Sesuai arahan Presiden untuk pengendalian inflasi, kami akan bekerjasama baik dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, serta Pemerintah Daerah sebagaimana juga sudah diamanatkan dalam Permenkeu 134/2022 dan SE Mendagri Nomor 500/4825/SJ,” jelasnya.

“Jadi untuk Pemda yang membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai sentra produksi maupun sistem logistik pangan, kami siap berkolaborasi dan bersinergi, atau bisa juga melalui Dinas Pangan yang ada di seluruh daerah,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini