Share

Mengintip Berapa Gaji Ratu Elizabeth II

Rina Anggraeni, Okezone · Kamis 15 September 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 622 2668236 mengintip-berapa-gaji-ratu-elizabeth-ii-IArzvbGrDf.jpg Gaji Ratu Elizabeth II (Foto: Reuters)

JAKARTA- Mengintip berapa gaji Ratu Elizabeth menarik untuk diulas. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama 70 tahun sejak 6 Februari 1952. Pada 2016 kekayaan bersih Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai USD442,92 juta setara Rp6,59 triliun (kurs Rp14.890 per USD).

Kekayaan Ratu Elizabeth II ini berasal dari pajak dan dua sumber pendapatan tambahan. Dapat disebut jika kekayaan Ratu Elizabeth II jauh lebih banyak daripada anggota Keluarga Kerajaan Inggris lainnya, termasuk Duke dan Duchess dari Sussex yang memiliki kekayaan sebesar USD30 juta atau Rp446,7 miliar.

Mengintip berapa gaji Ratu Elizabeth ini ternyata berasal dari sejumlah kekayaan dari pembayar pajak yang disebut Sovereign Grant. Sejumlah kekayaan itu berasal dari perbendaharaan dan didanai oleh pembayar pajak.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Terdapat kesepakatan yang sudah lama disetujui yaitu Ratu berhak mendapatkan sejumlah kekayaan sebagai imbalan atas menyerahkan semua keuntungan dari Crown Estate, sebuah perusahaan properti keluarga Kerajaan. Setiap tahun, Ratu Elizabeth II mendapatkan sejumlah uang yang setara dengan 25% keuntungan dari Crown Estate.

Sovereign Grant mengeluarkan uang sebesar USD107,1 juta atau Rp1,59 triliun pada tahun 2019 lalu kepada Ratu. Sebagai informasi, Sovereign Grant membayar untuk perjalanan keluarga, pemeliharaan istana & utilitas, dan gaji pegawai Kerajaan.

Pada 2020 hingga 2021, Sovereign Grant yang diberikan kepada Ratu berjumlah 85,9 juta poundsterling. Situs resmi Keluarga Kerajaan harus menerbitkan laporan keuangan setiap tahun yang menjelaskan bagaimana uang ini dibelanjakan. Seperti berapa bagian untuk hibah, pemeliharaan properti, termasuk rumah tangga Ratu.

Menurut keluarga kerajaan, sang Ratu menggunakan pendapatan dari portofolio investasinya dan perkebunan pribadi untuk memenuhi pengeluaran pribadinya.

Ratu juga memiliki aset berharga lainnya yang menambahkan pundi-pundi kekayaan. Seperti memiliki Balmoral dan Sandringham Estates koleksi seni yang besar dan aset berharga lainnya yang telah diturunkan dari raja sebelumnya.

Masih banyak juga nilai aset yang sulit untuk diperkirakan harganya. Seorang pakar keuangan Kerajaan mengatakan kepada The Journal bahwa anggota keluarga Kerajaan adalah "jutawan, bukan miliarder.

(RIN)

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini