Share

Syarat Harga Pertamax Turun dari Rp14.500/Liter

Clara Amelia, Okezone · Minggu 18 September 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 18 320 2669986 syarat-harga-pertamax-turun-dari-rp14-500-liter-xCbfQyd1rs.jpg Harga Pertamax Masih Bisa Turun? (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Harga BBM jenis Pertamax dikabarkan bisa turun. Jika harga minyak dunia nantinya USD75 per barel.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pemerintah akan menurunkan harga Pertamax bila harga minyak menyentuh USD75 per barel.

Baca Juga: BLT BBM dan Bantuan Sembako Cair, Penerima Jangan Lupa Bawa KTP dan KK Asli

Meski ada potensi penurunan harga Pertamax, tapi enggan menyinggung potensi serupa juga berlaku bagi Pertalite dan Solar yang kini mengalami kenaikan.

Menurutnya, meski harga kedua BBM subsidi itu mengalami kenaikan, namun pemerintah masih memberikan subsidi.

Baca Juga: BLT BBM Cair ke Warga Jaksel, yang Belum Bisa Ajukan Diri sebagai Penerima Bantuan

"Banyak yang bicara, nanti kalau harga minyak dunia turun gimana? ya pastinya (BBM) turun. cuma yang mesti diingat, apa yang dilakukan pemerintah hari ini itu mengurangi subsidi. Jadi Pertamax, Pertalite, Solar itu yang dijual pun masih ada subsidinya," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati masih enggan buka suara mengenai kemungkinan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax turun di tengah tren pelemahan harga minyak mentah.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menuturkan saat ini saja Pertamax masih dijual di bawah harga keekonomian.

Berdasarkan data pemerintah, harga keekonomian Pertamax saat ini mencapai Rp15.424 per liter, sementara harga jualnya hanya sebesar Rp14.500 per liter. Maka, ada selisih sebesar Rp924 per liter yang ditanggung oleh Pertamina.

"Itu saja (harga Pertamax saat ini) masih belum keekonomian, liat saja harga (jenis bbm setara) Pertamax yang dijual kompetitor berapa," kata Nicke.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini