Share

Kriteria Penerima BLT BBM yang Diantar Langsung ke Rumah

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Rabu 21 September 2022 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 320 2671420 kriteria-penerima-blt-bbm-yang-diantar-langsung-ke-rumah-gkPCoHualx.jpg BLT BBM Cair Rp600.000. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Sosial telah menyalurkan BLT BBM ke 34 provinsi sejak Sabtu, 3 September 2022. Penyaluran dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

Penerima program bansos tersebut merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah uang sebesar Rp500.000 selepas kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Baca Juga: Tenang! BLT BBM Diantar Langsung ke Rumah Penerima yang Sakit

Manfaat tersebut meliputi BLT BBM sebesar Rp150 ribu per bulan, yang diberikan untuk periode dua bulan September dan Oktober sehingga yang diterima Rp300 ribu, sedangkan Rp200 ribu untuk BLT sembako di bulan September 2022.

BLT BBM ini nantinya akan diantar ke rumah. Pengantaran ini dilakukan oleh PT Pos Kudus, Jawa Tengah. PT Pos memberikan pelayanan khusus terhadap keluarga penerima manfaat (KPM) program BLT BBM yang tidak bisa mengambil sesuai jadwal karena sakit dengan diantarkan ke rumahnya.

Baca Juga: BLT BBM Rp30 Miliar Dicairkan ke Sopir Angkot hingga Ojek Online

"Selain yang berhalangan mengambil karena sakit, ada pula yang melakukan konfirmasi tidak bisa mengambil di balai desa atau Kantor Pos karena merupakan penyandang disabilitas," kata Kepala PT Pos Cabang Kudus Nola Wahyuni di Kudus.

Dirinya juga mengatakan bahwa ada 100-an penerima bantuan BLT BBM di setiap kecamatan yang belum mencairkan karena berbagai sebab.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Dan bagi mereka yang mendapatkan layanan pengantaran ke rumah itu sudah melakukan konfirmasi jadwal pengambilan terlebih dahulu. Untuk kondisinya juga rata-rata sedang sakit dan merupakan penyandang disabilitas.

Layanan pengantaran BLT BBM ke rumah penerima akan dimulai Senin.

"Hingga kini tingkat penyalurannya sudah mencapai 96,53% dari sasaran sebanyak 52.000 penerima," kata Kepala PT Pos Cabang Kudus, Nola Wahyuni.

PT Pos Cabang Kudus mulai menyalurkan BLT BBM sejak Jumat (9/9) dengan terlebih dahulu memberikan surat kepada masing-masing penerima bantuan. Dengsn pencairan untuk wilayah perkotaan dilayani di Kantor Pos, sedangkan di wilayah perdesaan di layani di masing-masing balai desa.

Baca selengkapnya: BLT BBM Diantar ke Rumah, Masyarakat Dapat Rp500.000 Bulan Ini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini