Share

Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Tahap 3, Sering-Sering Cek Rekening Ya

Clara Amelia, Okezone · Kamis 22 September 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 320 2672885 jadwal-pencairan-blt-subsidi-gaji-tahap-3-sering-sering-cek-rekening-ya-7H37RaFZQ2.jpg BLT Subsidi Gaji Tahap 3 Cair (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jadwal pencairan BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 3. Pada pencairan BLT subsidi gaji tahap 3 ditargetkan sebanyak 3-4 juta pekerja mendapatkan BSU Rp600.000.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Dita Indah Sari menjelaskan, saat ini Kemnaker telah menerima data calon penerima BLT subsidi gaji tahap 3 sebanyak 3-4 juta pekerja dari BPJS Ketenegakerjaan.

"Data calon penerima BSU tahap 3 ditargetkan BPJS sebanyak 3-4 juta orang akan dikirim pada hari Kamis minggu ini," kata Dita kepada Okezone, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

BACA JUGA: Siap-Siap! BLT Subsidi Gaji Tahap 3 Cair, Penuhi 5 Syarat Ini Dapat BSU Rp600.000 

Seperti pencairan BLT subsidi gaji tahap 1 dan 2, pada tahap 3 ini juga dilakukan pengecekan dan pemadanan data calon penerima yang disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jika berkaca pada pencairan BLT subsidi gaji tahap 1 dan 2, Dita tidak menampik bahwa penyaluran BLT tahap 3 ini dilakukan pada minggu depan.

"Iya," singkatnya.

 

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Diketahui, pada tahap pertama, BLT subsidi gaji disalurkan ke 4.112.052 pekerja dari total 4.361.792 penerima manfaat.

Sementara, BLT subsidi gaji tahap dua disalurkan ke 1,6 juta pekerja dari total 2,4 juta pekerja.

BLT subsidi gaji ditransfer ke rekening bank Himbara, yaitu Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Khusus di Aceh melalui Bank Syariah Indonesia (BSI).

Berikut ini proses penyaluran BSU 2022 seperti disampaikan Kemnaker.

1. Kantor BPJS Ketenagakerjaan mengirimkan data calon penerima BSU yang telah memenuhi persyaratan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

2. Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pengecekan dan pemadanan data calon penerima yang disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

3. Apabila terdapat data anomali, maka Kemnkaer akan mengembalikan data untuk diperbaiki BPJS Ketenagakerjaan.

4. Hasil pengecekan dan pemadanan data calon penerima BSU selanjutnya akan ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran untuk dilakukan proses pencairan dana BSU melalui kantor KPPN.

5. Dana BSU yang sudah dicairkan selanjutnya dilakukan pemindahbukuan/transfer ke rekening penerima bantuan pemerintah melalui Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Bank Syariah Indonesia untuk Provinsi Aceh dan PT Pos Indonesia bagi yang tidak memiliki rekening di Bank Himbara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini