Share

Melantai di Bursa, Menthobi Karyatama Raya (MKTR) Patok Harga Rp120 per Saham

Anggie Ariesta, MNC Portal · Selasa 08 November 2022 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 320 2702984 melantai-di-bursa-menthobi-karyatama-raya-mktr-patok-harga-rp120-per-saham-CoiZDqE5Db.jpg IPO MKTR (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) mencatatkan (listing) perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Selasa (8/11/2022). MKTR akan menjadi perusahaan tercatat ke-50 di BEI pada tahun 2022.

Mengutip laman e-IPO, MKTR merupakan emiten sektor consumer non siklikal yang bergerak dalam bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit. Menthobi Karyatama Raya merupakan perusahaan dengan berfokus pada pengelolaan hasil perkebunan.

MKTR terus berkembang dan saat ini telah menjadi salah satu perusahaan dengan tata kelola terbaik dengan konsep integrasi antara hasil perkebunan, pengolahan dan pemanfaatan limbah dengan standar yang tinggi serta transport manajemen yang baik dengan konsep yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.

Entitas Grup Maktour ini mematok harga penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) Rp120 per saham.

Menthobi melepas sebanyak 2,5 miliar saham dengan nilai nominal Rp10 setiap saham, yang mewakili sebanyak sebesar 20,83% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO. Jumlah seluruh nilai penawaran umum perdana saham ini adalah sebanyak Rp300 miliar.

Bersamaan IPO, MKTR menerbitkan waran seri I sebanyak 2,5 miliar atau sebanyak 26,32% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum saham perdana ini disampaikan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Waran seri I yang menyertai penerbitan saham baru adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melakukan pembelian saham biasa atas nama yang bernilai nominal Rp10 setiap sahamnya dengan harga pelaksanaan sebesar Rp150 sehingga seluruhnya adalah sebesar Rp375 miliar, mempunyai jangka waktu 3 tahun sejak diterbitkan, di mana waran seri I dapat dilaksanakan selama masa berlakunya pelaksanaan yaitu mulai tanggal 16 Mei 2023 sampai dengan 4 November 2025.

MKTR akan mengalokasikan sebesar 0,60% dari saham yang ditawarkan pada saat penawaran umum perdana saham untuk program alokasi saham kepada karyawan (ESA) yaitu sebanyak 15 juta saham, dengan harga pelaksanaan ESA yang sama dengan harga penawaran.

Perseroan juga menyetujui Program Opsi Kepemilikan Saham kepada Manajemen dan Karyawan (Management and Employee Stock Option Plan/MESOP) dengan jumlah sebanyak sebesar 10% atau sejumlah sebanyak 950 juta saham biasa atas nama dari modal disetor dan ditempatkan penuh perseroan sebelum penawaran umum, pelaksanaan konversi waran seri I, dan MESOP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini