Share

Akhirnya! Jokowi dan Xi Jinping Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Heri Purnomo, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 320 2708909 akhirnya-jokowi-dan-xi-jinping-uji-coba-kereta-jakarta-bandung-Ys9Mo3LvSi.jpg

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kedua pimpinan negara pun memberikan instruksi kepada masinis untuk lakukan uji dinamis, hari ini.

Uji coba kereta cepat dijalankan masinis KCJB asal Indonesia, Supriadi dan masinis KCJB Mu Zhen. Kedua masinis meminta arahan kepada kedua kepala negara.

"Lapor Presiden Joko Widodo, CIT untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah siap dan inspeksi on-track akan segera dilaksanakan. Mohon instruksi," kata Supriadi Masinis KCJB, Rabu (16/11/2022).

"Laksanakan," jawab Jokowi.

Hal yang sama di katakan juga oleh Presiden Xi Jinping memberikan arahan kepada masinisnya.

Adapun pada proses uji dinamis akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung dari total keseluruhan panjang lintasan 142,3 kilometer.

Adapun dalam showcase ini, kecepatan kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam. Sementara kecepatan operasi maksimum KCJB yakni 350 km/jam.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry mengatakan, selain melihat proses uji dinamis, kedua kepala negara tersebut juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB.

Adapun pada Kamis (10/11/2022), rangkaian kereta inspeksi KCJB perdana akhirnya menjajal rel kereta cepat, dalam perjalanannya kereta inspeksi KCJV melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas.

"Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 showcase," ujar Rahadian dalam keterangan tertulis yang dikutip, Selasa (15/11/2022).

Sementara, di Tegalluar, instalasi sistem kelistrikan untuk stasiun dan depo pun sudah rampung. Begitu juga dengan instalasi Listrik Aliran Atas (LAA) yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB pada G20 Showcase. Dengan begitu, kebutuhan energi untuk Uji Dinamis KCJB sudah tersedia.

Untuk diketahui, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mempersingkat perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya 40 menit saja.

Dimana pada perjalanannya akan ada 4 stasiun, yaitu stasiun halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. Sementara melewati 9 kabupaten/kota.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini