Jero: Runtuhnya Terowongan Freeport Akibat Cuaca

Jum'at, 17 Mei 2013 12:34 wib | Dina Mirayanti Hutauruk - Okezone

ilustrasi: (foto: Reuters) ilustrasi: (foto: Reuters) JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyebutkan, indikasi penyebab runtuhnya terowongan tambang Big Gossan milik PT Freeport disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi.

"Kan di situ curah hujan cukup tinggi, ya apakah faktor alam atau getaran," ungkap Jero Wacik usai Rakor KKPPI, di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Jero mengatakan, pihaknya akan segera menginvestigasi penyebab keruntuhan tersebut. Sebab menurutnya terowongan bawah tanah milik Freeport tersebut merupakan tambang bawah tanah yang paling baik.

"Saya sudah minta ini segera diinvestigasi apa penyebab utamanya," tuturnya.

Begitu musibah runtuhnya terowongan tersebut, Jero mengaku langsung mengirimkan tiga inspektur tambang ke lokasi kejadian. Pihaknya saat ini lebih fokus pada evakuasi korban yang masih ada di reruntuhan tambang.

"Begitu kejadian saya langsung kirim tiga inspektor tambang ke sana, dirjen berangkat dua hari yang lalu. Prioritas kita evakuasi yang masih di dalam," timpalnya.

Lebih lanjut, Jero menyebutkan ada 14 orang yang sudah evakuasi selamat dan empat lainnya meninggal dunia. "14 sudah sudah selamat, 4 meninggal, tiap jam saya berkoordinasi dengan pak dirjen menyangkut itu," katanya.

Jero mengatakan peristiwa ini harus menjadi pelajaran bagi pihaknya untuk mengecek ulang seluruh tambang bawah tanah di Indonesia. "Makanya ini pelajaran bagi kita mengecek ulang seluruh tambang bawah tanah di seluruh Indonesia." tukasnya. (wan) (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป