nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi KEK, Sumut Harus Tingkatkan Wirausaha

Dede Suryana, Jurnalis · Minggu 06 Mei 2012 17:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 05 06 320 624714 Tcc0WYdp82.jpg Ilustrasi. (Foto: Corbis)

MEDAN - Ditetapkannya Sumatra Utara sebagai daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), harus diserai dengan minat masyarakat propinsi tersebut untuk menjadi tuan rumah dalam pembangunan ekonomi.

Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan, mengajak para pemuda untuk membuka wirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru, sebab sumberdaya yang dimiliki oleh para pemuda saat sekarang ini lebih baik pada generasi sebelumnya boleh dikatakan pendidikan rata-rata Sarjana.

"Selain itu juga dengan membuka wirausaha ini sebagai bentuk pemberdayaan sumber daya alama yang ada didaerahnya dan meninggalkan kebiasaan yang hanya terfokus untuk mencari pekerjaan hingga berakibat banyaknya pengangguran sedangkan sumber daya alam tidak diperhatikan," kata dia dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (6/5/2012)

Zulkifli Hasan menuturkan, luasnya lahan perkebunan di Sumut harus bisa dimanfaatkan Pemuda untuk bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mendirikan usaha penunjang. "Kan disini banyak perkebunan yang berskala besar,maka masyarakat harus bisa membuka usaha penunjang sehingga terjadi pemerataan ekonomi. Tidak hanya dikuasai pemodal besar saja,"tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin mewujudkan impiannya mempunyai usaha sendiri di Sumatra Utara,tanpa harus ada muatan politik.  "Kepentingan dan kemajuan wirausaha masyarakat sangat penting sehingga mereka bisa menggerakan ekonomi lokal,"tegasnya.

Menurutnya, program ini akan dilakukan sebagai implementasi terhadap pembangunan di Indonesia sembari mengatakan pelatihan ini berlangsung di 11 provinsi di Indonesia diantaranya Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Makkasar, Lampung, Yogyakarta, Banjarmasin, Aceh dan Jayapura.

Di program tersebut, tidak hanya modal pengembangan usaha sebesar Rp 5 Juta yang diberikan oleh Mapan (maju bersama PAN), akan tetapi juga pendampingan hingga calon wirausahawan muda yang handal dan mempunyai jaringan binis yang dibina bisa mandiri kemudian membentuk jaringan bisnis.

Nantinya disetiap kota, bakal dipilih 500 orang calon wirausaha guna mengikuti pembinaan, setelah lulus masing-masing diberikan modal pengembangan usaha sebesar Rp 5 juta jika lulus verifikasi. Diutarakannya bahwa kesempatan ini bakal diberikan untuk semua elemen masyarakat muda dengan kata lain tidak terbatas pada kader partai.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini