nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Industri RI Tak Cuma Tukang Jahit, Ada Juga Pelopor"

Dina Mirayanti Hutauruk, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2013 14:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 10 10 320 879706 uOcVAtcV2J.jpg Ilustrasi. Foto: Tangguh Putra/Okezone

JAKARTA- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar forum tahunan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (IPTEKIN) dengan memberikan anugerah penghargaan kepada kalangan industri yang berjasa dalam bidang IPTEK. 

 

Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan tujuan penganugerahan penghargaan tersebut untuk memberi apresiasi kepada industri yang telah menjadi pelopor dalam melakukan inovasi berbasis penelitian ilmiah sekaligus untuk mempromosikan pentingnya inovasi berbasis penelitian ilmiah. Hal tersebut guna untuk membangun daya saing industri nasional kepada industri, pemerintah dan masyarakat.

 

Lukman mengatakan, LIPI perlu menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa negeri ini memiliki industri-industri pelopor, bukan hanya sekedar tukang jahit semata.

 

"Mereka (kalangan industri) bisa menjadi role model tentang bagaimana membangun daya saing dan menghadapi persaingan dengan cara yang lebih cerdas yakni berbasis penelitian ilmiah," kata Lukman di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (10/10/2013).

 

Dia mengatakan, kegiatan penelitian ilmiah selama ini dianggap hanya sebagai tugas perguruan tinggi atau lembaga penelitian. Serta menilai terlalu boros dan berisiko jika dilakukan oleh industri.

 

"Padahal, inovasi yang memiliki nilai tambah dan berdampak paling besar pada daya saing adalah inovasi yang digali dari hasil -hasil penelitian ilmiah," tambahnya. (rez)

 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini