Anak Usaha PTBA Akuisisi Perusahaan Tambang

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Jum'at 30 Januari 2015 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 30 278 1099298 anak-usaha-ptba-akuisisi-perusahaan-tambang-RA2l8XgDmy.jpg Ilustrasi tambang. (Foto: Reuters)
JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui entitas anak perusahaannya PT Bukit Multi Investama (BMI) segera merealisasikan akuisisi atas perusahaan PT Satria Sarana Bahana (SBS) yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pertambangan.

Sekretaris Perusahaan PTBA Joko Pramono mengatakan, perseroan pada 21 Januari 2015 telah menandatangani perjanjian pengambilalihan oleh BMI dengan Direksi dan para pemegang saham SBS.

"Dengan demikian, Direksi SBS dan seluruh Pemegang Saham SBS telah menyetujui pengambilalihan 95 persen saham SBS oleh BMI dengan harga seluruhnya sebesar Rp48, miliar dengan tata pembayaran yang telah disepakati, " tutur dalam Keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (30/1/2015).

Proses pengambilalihan ini dilakukan oleh entitas anak Perseroan dengan kepemilikan 99,86 persen yaitu BMI. Hal tersebut, diyakini sejalan dengan pendirian BMI yang berupaya dalam diversifikasi usaha Perseroan di sektor perdagangan umum, jasa, perkebunan, pertanian, pengangkutan, dan properti.

"Dengan kepemilikan entitas usaha di bidang jasa pertambangan ini, Perseroan berharap dapat meningkatkan kinerja di tengah merosotnya harga jual batu bara melalui upaya efisiensi yang dicanangkan Perseroan," katanya.

Selain itu, pengambilalihan usaha ini juga bakal disertai dengan peningkatan modal dasar, modal ditempatkan dan modal disetor SBS yang dilakukan melalui pengeluaran saham baru oleh SBS sebanyak 3,84 juta saham.

"Bahwa dengan pengambilalihan saham oleh BMI, calon pemegang saham lain dari SBS, yaitu PT Tri Ihwa Sejahtera (TISE) melakukan pembelian atas 211.911 saham eksisting yang telah diterbitkan dalam SBS, " imbuhnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini