Alasan Malaysia Sambangi Menteri Susi

Danang Sugianto, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2015 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 13 320 1118017 alasan-malaysia-sambangi-menteri-susi-qOFgysgf6E.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone/Heru)
JAKARTA - Rombongan Duta Besar Malaysia hari ini menyambangi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pertemuan itu dimaksudkan untuk menjalin kerjasama antar-kedua negara di bidang perikanan, salah satunya hubungan ekspor impor.

Salah satu anggota rombongan Chairman Lembaga Kemajuan Ikan Malaysia, Dato Irmohizam HJ Ibrahim, mengatakan bahwa saat ini negaranya memang sedang kekurangan cadangan ikan di pasarnya. Oleh karena itu, Malaysia berharap mendapatkan impor ikan dari Indonesia.

"Cadangan ikan kita berkurang karena ada musim moonsun saat ini dan fenomena musim panas. Tentu pembiakan ikan agak terancak sedikit, dan kita memerlukan sokongan juga dari negara-enaga yang mempunyai cadangan ikan yang berlebihan, supaya dapat membantu kita untuk mengimpor ikan-ikan itu," ujar Imrohizam di KKP, Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Imrohizam memaparkan, saat ini kuota impor ikan dari Indonesia ke Malaysia sudah mencapai 30 ribu metrik ton atau senilai 600 juta Ringgit. Dia berharap dengan kerjasama tersebut, dapat meningkatkan kuota impor ikan dari Indonesia.

"Angka ini senantiasa bertambah, statistik 2013 kita mengimpor ikan lebih dari pada 600 juta ringgit. Kurang lebih 30 ribu matriks ton dari Indonesia dan ini akan bertambah dari masa ke masa. Jumlah nelayan kita tidak begitu banyak, dan saya pikir ini satu kaidah yang sangat baik," imbuhnya.

Oleh karena itu, dia berharap agar Indonesia melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dapat menjalin kerjasama di bidang perikanan.

"Kita melihat bekalan (cadangan) di Indonesia perlu untuk membantu pasar perikanan di Malaysia. Ada ibu Susi yang begitu terbuka yang ingin membantu masalah perikanan yang ada di Malaysia," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini