Share

Kenaikan Gaji Dihapus, THR PNS Hanya Satu Kali Gapok

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2015 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 14 20 1196443 kenaikan-gaji-dihapus-thr-pns-hanya-1x-gapok-b5Y6O9QR7O.jpg Ilustrasi PNS. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Pemerintah berencana menghapus kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di 2016 nanti. Sebagai gantinya, maka pemerintah akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) di luar gaji ke-13 bagi para PNS.

Melansir Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016, pemerintah tidak hanya memberikan THR bagi para PNS yang aktif, namun juga kepada para PNS non-aktif.

"Untuk mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur pemerintah dengan memerhatikan tingkat inflasi, maka untuk memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik akan diberikan pemberian tunjangan hari raya," demikian isi Nota Keuangan 2016 tersebut, Jumat (14/8/2015).

Adapun besaran THR yang akan diberikan adalah satu kali gaji pokok bagi PNS/TNI/Polri. "Dan sebesar 50 persen pensiun pokok bagi para pensiunan," jelas keterangan tersebut.

Selain itu, pemerintah juga masih berkomitmen menjaga jumlah PNS untuk tetap mengacu pada prinsip zero growth dan berbasis kompetensi. "Dengan tetap memerhatikan prioritas kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan," jelas Nota Keuangan tersebut.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini