nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saingi Amazon, Wal-Mart Siapkan USD3 Miliar Akuisisi Jet.com

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2016 13:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 08 320 1457938 saingi-amazon-wal-mart-siapkan-usd3-miliar-akuisisi-jet-com-mqfpRxJAPB.jpg Ilustrasi Wal-Mart

JAKARTA - Wal-Mart Stores Inc tengah mempertimbangkan untuk membeli Jet.com, sebuah situs belanja online yang baru berusia setahun. Nantinya, Jet.com diproyeksikan untuk menjadi rival situs belanja online terbesar, Amazon.

Jet.com diperkirakan bernilai USD3 miliar, dan akan menjadi bagian dari rencana restrukturisasi miliaran dolar dari divisi e-commerce Wal-Mart. Diharapkan, dengan adanya akuisisi ini maka akan mendorong penjualan online mereka.

Peritel terbesar di dunia ini memang tengah mengejar ketertinggalam mereka dengan Amazon.com Inc karena distribusi dan teknologi Amazon yang cukup cepat. Akuisisi ini, diyakini dapat memberikan akses ke perangkat lunak inovatif Jet.com serta jaringan gudang dan data pelanggan mereka.

Selama lima tahun terakhir, Wal-Mart memang melakukan berbagai akuisisi. Tercatat, ada 15 startups yang dibeli dalam rangka menyaingi teknologi yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce.

Wal-Mart mengakuisisi mayoritas saham perusahaan e-commerce China, Yihaodian pada 2012 tetapi menjualnya pada Juni ke JD.com Inc, yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar kedua di China.

Meskipun melakukan investasi, namun Wal-Mart belum memasukan proyeksi keuntungan pada bisnis online mereka. Akibatnya, target pertumbuhan laba 20-30 persen per tahun mungkin sulit untuk dicapai.

Bisnis online Wal-Mart telah mencatat pertumbuhan paling lambat dalam setahun pada kuartal terakhir. penjualan online mereka tahun lalu hanya USD13,7 miliar. Saham Wal-Mart ditutup 0,3 persen lebih rendah ke USD72,94 di New York Stock Exchange.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini