nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Susi Buka-bukaan soal Kerusakan Terumbu Karang

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 13 September 2016 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 13 320 1488104 menteri-susi-buka-bukaan-soal-kerusakan-terumbu-karang-lCZzUIR7v7.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti (Foto : Okezone)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa saat ini banyak terjadi kerusakan terumbu karang pada berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah kawasan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kerusakan ini terjadi akibat penggunaan bom ikan di Indonesia.

"Potasium ini dan juga sianida dan nitrat ini digunakan dalam bentuknya seperti bom. Ini dipakai di karang dalam. Saya lihat di Karimun Jawa, itu 3 meter sudah bongkar-bongkaran, karang itu besar sekali," kata Susi di New Priok Container Terminal One, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Namun, kerusakan hanya terjadi pada laut dalam. Sedangkan untuk laut dangkal karang tersebut masih sangat elok untuk dijadikan objek wisata.

"Tapi yang dangkal itu karangnya utuh, hanya tidak ada soft corel, ikannya, nah itu pakai portas bomnya," imbuhnya.

Pemerintah pun saat ini tengah berupaya untuk menindaklanjuti berbagai temuan bahan peledak untuk melakukan penangkapan ikan. Temuan ini sebagian besar berasal dari Malaysia yang secara ilegal di impor ke Indonesia.

"Kita sudah melakukan pengembangan, di Sulteng sudah ditangkap supplier-nya, Tanjung Pinang sudah ditangkap. Di Sulsel akan kita kembangkan, juga Fores, dan Papua. Jaringan yang sudah ditangkap dua," kata Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi HM Tito Karnavian pada kesempatan yang sama.

(rai)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini