Image

Banyak Dana WNI di Luar Negeri, Menko Darmin: Kita Terlalu Bebas

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 18:59 WIB
https img o okeinfo net content 2016 10 19 20 1519216 banyak dana wni di luar negeri menko darmin kita terlalu bebas oQUSW99RyK jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dana Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri hingga saat ini masih tergolong besar. Bahkan, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sidang gugatan tax amnesty beberapa waktu lalu, masih terdapat dana WNI di luar negeri sebesar Rp3.250 triliun.

Sebagaimana besar negara ini ditempatkan di negara tax haven. Salah satunya adalah Singapura, yaitu sebesar Rp2.600 triliun.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, selama ini Indonesia terlalu bebas dalam membiarkan dana WNI keluar masuk dari Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh WNI untuk menyimpan dana hingga ke luar negeri.

"Memang begini, kenapa selama ini begitu banyak dana Indonesia yang ditaruh di luar, ya karena kita begitu bebas," kata Darmin di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Untuk itu, keluar masuknya dana ini nantinya perlu diawasi oleh pemerintah. Hanya saja, pemerintah masih akan melakukan proses pembahasan lebih lanjut.

"Ya itu salah satu kemungkinan tapi semua masih harus melalui proses dialog dan diskusi. Kita tidak bisa menarik kesimpulan dengan cepat," tutur Darmin.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini