nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Kota Termahal untuk Tinggal di Seluruh Dunia

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Senin 30 Januari 2017 00:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 28 470 1603434

LONDON - Kota-kota paling mahal untuk tinggal di seluruh dunia pada 2017 telah terungkap. Ini didapat dari hasil survey tahunan ke-13 Demographia International Housing Affordability.

Studi yang dilakukan sepanjang kuartal III-2016 ini menganalisis 406 pasar perumahan metropolitan di sembilan negara, antara lain Australia, Kanada, Hong Kong, Irlandia, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Menggunakan pendekatan beberapa waktu, harga rata-rata rumah dibagi dengan pendapatan rata-rata rumah tangga. Data menunjukkan pasar perumahan paling tidak terjangkau berada di Australia, Selandia Baru, China, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat.

Direktur Eksekutif Penelitian The New Zealand Initiative Oliver Hartwich mengatakan jumlah pasar perumahan utama paling tidak terjangkau naik dari 26 menjadi 29.

"Kita perlu mengatasi keterjangkauan perumahan mendesak karena efek perumahan terjangkau di masyarakat menjadi lebih terlihat dari hari ke hari. Kita seharusnya tidak menerima tingkat harga yang ekstrim di pasar perumahan. Harga rumah yang tinggi bukan tanda keberhasilan dari suatu kota, namun lebih kepada tanda kegagalan untuk memberikan perumahan yang dibutuhkan oleh warganya," ujarnya.

Dilansir dari laman Business Insider, Senin (30/1/2017), berikut 10 kota termahal untuk tinggal di seluruh dunia sepanjang 2017:

10. Bournemouth & Dorset, Inggris: Dalam survei sebelumnya, kota ini tergolong pasar "severely unaffordable" atau paling sangat tidak terjangkau. Kini, masuk sebagai salah satu dari 10 tempat yang paling mahal untuk tinggal di seluruh dunia.

9. San Francisco, AS.

8. Los Angeles, AS: Di LA, harga rumah naik setara dengan 14 bulan pendapatan rumah tangga selama 12 bulan.

7. Honolulu, AS: Sama seperti edisi-edisi survey sebelumnya, Ibukota Hawaii ini masih menjadi kota termahal dalam hal pasar perumahan.

6. Melbourne, Australia.

5. San Jose, California, AS.

4. Auckland, Selandia Baru.

3. Vancouver, Kanada: Harga rumah di Vancouver naik setara dengan pendapatan rumah tangga setahun penuh hanya dalam kurun waktu setahun. Alhasil, menjadikannya setidaknya sebagai tempat paling tidak terjangkau ketiga di dunia.

2. Sydney, Australia: Sydney adalah tempat yang paling tidak terjangkau kedua sedunia untuk tinggal.

1. Hong Kong, China: Selama tujuh tahun berturut-turut, Hong Kong pernah menjadi pasar perumahan paling terjangkau. Dalam kurun waktu 19 tahun terakhir, kini telah anjlok peringkatnya.

(dhe)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini