Image

Begini Melimpahnya Cadangan Emas Cs di Tambang Freeport

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 12:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647156 begini-melimpahnya-cadangan-emas-cs-di-tambang-freeport-NySRMvv2YH.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Freeport Indonesia mendapatkan izin Kontrak Karya (KK) sejak tahun 1967. Sejak menemukan tambang Grasberg, Freeport menjadikan kandungan emas di tanah Papua menjadi nomor tiga terbanyak di dunia. Tak hanya itu, tambang tersebut juga menjadi nomor dua terbesar di dunia.

Namun sekarang berapa sisa bijih emas di tambang Grasberg ?

SVP Geo Engineering Freeport Indonesia Wahyu Sunyoto mengatakan, estimasi awal sumber daya alam di tambang Grasberg 33 juta ton yang belum dilakukan pengeboran. Kemudian ditemukanlah cadangan di Grasberg yang cukup besar.

"Grasberg di bawah mainplane ditemukan cadangan sekarang 1,7 miliar ton. Cadangan sampai 2041 sampai 2,1 miliar ton. Itu kapasitas pengeboran," tuturnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, umur cadangan bisa terus bertambah atau melebihi proyeksi hingga 2041. Artinya, sekalipun bukan Freeport lagi yang mengelola tambang Grasberg, pengelola selanjutnya bisa mengelola cadangan yang sudah ada.

"Karena cadangan masih ada, produksi tidak bisa menurun, sebesar 100 ribu ton per hari sampai 2054," ujarnya.

Dirinya berharap, masih besarnya cadangan di tambang itu bisa membuat proses negosiasi dengan pemerintah bisa segera diselesaikan.

"Saya berharap enggak arbitrase. Saya berharap ada solusi terbaik. Dan apa yang sudah diberikan Pak Dirjen (Bambang Gatot) dengan waktu enam bulan ke depan. Akan kita manfaatkan untuk cari solusi tertarik, karena cadangan ini harus ditambang," ujarnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini