Share

Fakta! Indonesia Sudah 3 Kali Pindah Ibu Kota

Rizkie Fauzian, Okezone · Senin 10 Juli 2017 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 09 470 1732135 fakta-indonesia-sudah-3-kali-pindah-ibu-kota-I23cxAVt9b.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Gencarnya rencana pemindahan ibu kota saat ini sebenarnya juga terjadi pada masa-masa presiden sebelumnya. Namun, tak banyak orang mengetahui jika Indonesia sebenarnya sudah pernah memindahan ibu kotanya, bahkan sudah sampai 3 kali.

Pemindahan ibu kota yang pertama adalah pemindahan dari Jakarta ke Yogyakarta. Saat itu, keamanan Jakarta terancan saat Belanda datang. Untuk itu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Pakualam VIII menyarankan agar Ibu kota pindah ke Yogya pada 2 Januari 1946. Dan pada 4 Januari ibu kota NKRI resmi pindah ke Yogyakarta.

Setelah Yogyakarta, ibu kota Indonesia sempat juga dipindah ke Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948. Hal ini dilakukan setelah Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda atau dikenal dengan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Kemudian pemindahan ibu kota yang terakhir adalah ke Bireuen, Aceh. Pemindahan itu juga terjadi pada tahun 1948, namun hanya berlangsung selama seminggu. Alasannya juga sama, yaitu ibu kota sebelumnya, Bukittinggi, juga berhasil ditaklukkan Belanda dalam Agresi Militer Belanda kedua.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini