nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembangkan Bisnis Baru, Soechi Lines Berharap Bisa Cuan USD40 Juta/Tahun

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 20:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 19 278 1740184 kembangkan-bisnis-baru-soechi-lines-berharap-bisa-cuan-usd40-juta-tahun-EypTG5r3HN.jpg Ilustrasi pelabuhan. (Foto: ANT)

JAKARTA - PT Soechi Lines Tbk (SOCI) tengah mengembangkan lini bisnis baru yaitu usaha perawatan dan perbaikan kapal. Kehadiran unit bisnis baru ini berpotensi mendongkrak pendapatan Soechi Lines hingga USD40 juta tiap tahunnya.

Direktur Keuangan SOCI Paula Marlina mengatakan, potensi bisnis perawatan dan perbaikan kapal dalam negeri masih sangat besar. Selama ini, perbaikan dan perawatan kapal mayoritas dilakukan di China, yang notabene membutuhkan bugdet lebih tinggi.

"Kapal kita selalu bertambah, tetapi kita belum dengar galangan kapal untuk perbaikan dan perawatan, kita sampai pergi ke China. Sehingga potensinya masih besar," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Baca Juga: Tawarkan Kupon 10%, Soechi Lines Terbitkan Obligasi USD300 Juta

Perseroan akan mulai menawarkan jasa perawatan dan perbaikan kapal kepada pemilik kapal melalui pemanfaatan galangan kapal atau dock yard milik perseroan. Dia menuturkan, dock yard perseroan mampu menghasilkan USD30 juta hingga USD40 juta dari jasa perawatan dan perbaikan kapal.

“Perawatan kapal itu seperti rumah sakit, tapi kapasitas kami estimasikan dapat menghasilkan USD30 juta-USD40 juta per tahun,” kata dia.

Seperti diketahui,  perseroan memiliki dua lini usaha, yaitu pelayaran dan galangan kapal. Pendapatan dari lini usaha pelayaran pada kuartal I-2017, menyumbang pendapatan sebesar USD20,1 juta atau 62% dari total pendapatan. Sementara pendapatan berasal dari galangan kapal sebesar USD4,5 juta atau 14,5%. Sisanya, lini usaha pelayaran spot sebesar USD7,9 juta.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini